Rabu, 8 Mei 2024

Bacawapres Pendamping Ganjar Masih di Tahap Pembahasan Para Ketum Parpol Pendukung

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Hasto Kristiyanto Sekjen DPP PDIP dalam konferensi pers bersama tiga petinggi partai politik pendukung Ganjar Pranowo dan dua wakil ketua TPN, di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2023). Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) mengatakan Bakal Cawapres pendamping Ganjar Pranowo masih dalam tahap pembahasan oleh para ketua umum partai politik pendukung.

Menurut Hasto, penentuan Bakal Cawapres sangat vital mengingat pihak pendukung Ganjar menargetkan kemenangan Pilpres dalam satu putaran.

Hal itu disampaikan Hasto dalam konferensi pers seusai rapat bersama empat ketua umum partai politik pendukung Ganjar, profesional, dan organ pendukung di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2023).

Hadir dalam konferensi pers itu selain Hasto, ada Muhamad Mardiono Ketua Umum PPP, Kodrat Syah Sekjen Hanura, TGB Zainul Majdi Ketua Harian Nasional Partai Perindo, serta Jenderal TNI (purn) Andika Perkasa dan Komjen Pol (purn) Gatot Eddy Pramono dua Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo.

“Tentang bacawapres itu tadi sudah disampaikan oleh Bapak Haji Muhammad Mardiono yang masih melakukan pencermatan dan selalu, ya, dilakukan pembahasan-pembahasan secara dinamis untuk dicari yang terbaik. Dan seluruh partai politik solid semua bergerak juga memperkuat kerjasama pemilu legislatif,” kata Hasto.

Hasto menyadari sejumlah nama kini masuk dalam bursa bacawapres, antara lain Ridwan Kamil, Mahfud MD, Sandiaga Uno, TGB, dan Andika Perkasa.

Politisi asal Yogyakarta itu menambahkan saat ini para ketum parpol sedang mencermati sosok yang akan didorong bersama Ganjar.

“Itu terus, ya, dilakukan pencermatan nama-nama dan tunggu momentum yang tepat untuk dapat disampaikan kepada waktu yang tepat. Dan itu pasti menang satu putaran, itu harapan dari rakyat,” jelas dia.

Di internal TPN, lanjut Hasto, pihaknya memang menyusun strategi untuk menang Pilpres dalam satu putaran. Target ini tentu sebagai upaya membangun semangat TPN, organ sukarelawan, dan pendukung Ganjar.

“Itu untuk membangun optimisme tetapi yang menentukan satu putaran atau dua putaran itu, kan, rakyat Indonesia. Tetapi tentu saja kami merumuskan target-target yang terbaik,” jelas Hasto.

Hasto mencontohkan pada Pemilu 2014 dan 2019, ada dua paslon sehingga bisa satu putaran.

Kemudian pada Pilpres 2009, ada tiga paslon itu bisa satu putaran.

Lalu, 2004, terdapat lima paslon yang berlangsung dua putaran.

“Sehingga dalam desain pemenangan tentu saja kami menyiapkan suatu strategi yang terbaik yang intinya menempatkan rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi mau satu putaran atau dua putaran,” kata Hasto.

Meski demikian, lanjut Hasto, yang terpenting dalam kontestasi politik ialah menjaga dinamika dengan berkebudayaan, bermartabat, dan kerendahan hati.

“Juga menampilkan gagasan yang terbaik untuk bangsa dan negara dan tentu saja memohon ridho dari Tuhan Yang Mahakuasa, Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” kata Hasto.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
32o
Kurs