Kamis, 2 Mei 2024

Daftarkan Bacaleg ke KPU, Perindo Surabaya Target Satu Fraksi Tahun Depan

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
KPU Surabaya menerima pendaftar ke-16 DPD Partai Perindo Kota Surabaya di hari terakhir, Minggu (14/5/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

DPD Partai Perindo Kota Surabaya jadi pendaftar bakal calon legislatif (Bacaleg) ke-16 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Minggu (14/5/2023) malam.

Perindo dan dua partai politik lainnya, yakni DPC Partai Garuda dan DPD Partai Gelora Surabaya jadi penutup di detik-detik pendaftaran hari terakhir.

Samuel Teguh Santoso Ketua DPD Partai Perindo Surabaya menyebut, sudah memenuhi komposisi 50 bacaleg sesuai aturan KPU.

“30 persen (perempuan) terpenuhi semuanya. Bahkan ada satu dapil yang lebih dari itu. Target kita berupaya satu fraksi (empat kursi). Upayanya, sudah terjun ke bawah semua bacaleg kami di masing-masing dapil,” bebernya di Kantor KPU Surabaya, Minggu (14/5/2023) malam.

Usai evaluasi tak berhasil dapat kursi di DPRD Surabaya pada pemilihan legislatif 2019, sambungnya, Perindo menarget dapat empat kursi tahun depan. Pihaknya menggandeng sejumlah bacaleg dari berbagai kalangan, mulai pengusaha hingga selebgram.

“70 persen hampir millenial. Usia 21 termuda. Latar belakang sarjana semua kalangan profesional. Pengusaha, selebgram, penyanyi,” imbuhnya.

Selain itu, hampir di semua daerah pemilihan (dapil), ada bacaleg pindahan dari parpol lain. “(Pindahan dari) PSI, NasDem, PDI Perjuangan, Partai Berkarya,” tambahnya lagi.

Sementara itu, pendaftaran bacaleg resmi ditutup Minggu malam pukul 23.59 WIB. Subairi Anggota KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia menyebut, dari 18 parpol yang mendaftar bacaleg sudah dinyatakan berkasnya lengkap.

Selanjutnya akan masuk tahap penelitian administrasi. Begitu pun parpol yang berkasnya belum lengkap, dipastikan sudah menyerahkan kembali ke KPU, terakhir pada Minggu malam.

“Pendaftaran hanya sampai hari ini, berikutnya tahap penelitian administrasi langsung besok,” ujarnya. (lta/ihz/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs