Selasa, 30 April 2024

Debat Pilpres, Hasto: Ganjar-Mahfud Titik Beratkan HAM Sebagai Asas yang Dijunjung Tinggi

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Hasto Kristiyanto Sekretaris TPN Ganjar-Mahfud saat melakukan safari politik di kabupaten Serang, Banten, Minggu (10/12/2023). Foto : istimewa

Hasto Kristiyanto Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD menegaskan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD capres dan cawapres menitikberatkan Hak Asasi Manusia (HAM) sebagai asas yang dijunjung tinggi jika mereka terpilih.

Hal tersebut ditegaskan Hasto menjawab pertanyaan awak media soal tema debat perdana capres-cawapres yang salah satunya mengangkat tentang isu HAM.

Menurut Hasto, paslon yang diusung PDIP, PPP, Partai Perindo, dan Partai Hanura itu berkomitmen menyelesaikan pelanggaran HAM masa lalu secara adil.

“Dalam programnya Pak Ganjar-Prof Mahfud menjadikan komitmen terhadap HAM sebagai panggilan jiwanya, karena nilai-nilai kemanusiaan sangat penting, mencintai rakyat, mencintai tanah air, itu bagian komitmen yang ditunjukkan,” kata Hasto dalam safari politiknya di Serang, Banten, Minggu (10/12/2023).

Politikus asal Yogyakarta itu menyinggung pasangan capres dan cawapres lain yang dinilainya kurang concern memandang isu HAM.

Hal itu karena paslon tersebut tidak mencantumkan program penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu dalam visi-misinya.

“Jangan sampai republik ini dipimpin oleh orang yang punya rekam jejak pelanggaran HAM. Apalagi ada paslon yang tidak memasukkan (visi-misi) terkait HAM,” ungkapnya.

Sekadar diketahui, Komnas HAM telah menetapkan kasus penculikan dan penghilangan paksa aktivis 1997/1998 sebagai pelanggaran HAM berat. (faz/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs