Kamis, 28 Maret 2024

Demokrat Dukung Anies Baswedan sebagai Bakal Capres 2024

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
AHY Ketum Partai Demokrat dan Anies Baswedan bersama-sama dalam acara deklarasi mendukung Anies sebagai bakal capres 2024, Kamis (2/3/2023), di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat. Foto: Farid suarasurabaya.net

Partai Demokrat resmi mendukung Anies Baswedan mantan Gubernur DKI Jakarta sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024.

Keputusan politik itu disampaikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Ketua Umum Partai Demokrat, Kamis (2/3/2023) siang di Kantor DPP Partai Demokrat, kawasan Jakarta Pusat.

Menurut AHY, keputusan mendukung Anies merupakan hasil rapat Majelis Tinggi Partai Demokrat yang berwewenang menetapkan bakal calon presiden dan wakil presiden.

“Dengan keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat yang telah diambil tadi malam dan dikonfirmasi hari ini langsung kepada Bapak Anies Baswedan sebagai calon presiden yang akan kami usung bersama. Ini memberikan kekuatan hukum pada deklarasi Partai Demokrat yang sebelumnya sudah disampaikan,” ujarnya.

Deklarasi mendukung Anies juga menegaskan sikap Demokrat di dalam Koalisi Perubahan bersama Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Demokrat akan tetap berada dalam garis perubahan dan perbaikan. Kami meyakini Pemilu 2024 nanti semangat perubahan dan perbaikan juga semakin besar,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Anies mengucapkan terima kasih atas dukungan Partai Demokrat, dan menyatakan siap berjuang bersama AHY untuk memenangkan Pilpres mendatang.

Sebelumnya, Partai NasDem dan PKS sudah lebih dulu mendeklarasikan dukungan buat Anies Baswedan.

Dengan tambahan dukungan dari Partai Demokrat, ambang batas mengajukan calon presiden (presidential threshold) sudah terpenuhi.

Merujuk Pasal 222 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, pasangan calon presiden diusulkan partai politik atau gabungan partai politik peserta Pemilu.

Dengan ketentuan, minimal mencapai 20 persen kursi DPR RI, atau 25 persen suara sah nasional hasil pemilu legislatif sebelumnya.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs