Senin, 29 April 2024

Dewan Pers Ajak Semua Pihak untuk Sukseskan Pemilu 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ninik Rahayu Ketua Dewan Pers memberikan sambutan dalam acara "Kick Off Workshop Peliputan Pemilu 2024" di Hall Dewan Pers, Jakarta, Senin (19/6/2023). Foto: Antara

Dewan Pers mengimbau semua pihak, mulai dari partai politik (parpol), pengelola kepentingan, masyarakat, hingga insan pers, untuk bekerja sama dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

“Dewan Pers sekali lagi ingin mengajak semua pihak. Mari berkolaborasi, bekerja bersama, parpol, para pemangku kepentingan, masyarakat, insan pers, baik yang berbasis media maupun yang berbasis masyarakat, untuk bersama-sama mendukung kesuksesan Pemilu 2024,” ajak Ninik Rahayu Ketua Dewan Pers sesuai dikutip dari Antara, Senin (19/6/2023) saat memberikan sambutan dalam acara “Kick Off Workshop Peliputan Pemilu 2024”.

Ninik berpendapat, seluruh elemen bangsa Indonesia menjadi bagian penting dalam mewujudkan ekosistem demokrasi lebih sehat lewat penyelenggaraan Pemilu 2024 yang sehat pula.

“Oleh karena itu, satu dengan yang lainnya, kami berharap, bisa bersinergi sehingga kita bisa mewujudkan demokrasi yang kita harapkan,” sambungnya.

Di saat yang sama, Ninik menyatakan pula beberapa poin komitmen dari seruan pers sebagai kesepakatan dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Sumatera Utara pada 9 Februari 2023 lalu.

Salah satunya adalah bahwa kejadian di Pemilu 2019 yang menyebabkan polarisasi bangsa tidak akan terjadi kembali. Kemudian, pers selalu berkomitmen memegang kode etik jurnalistik dalam bekerja.

“Ketiga, insan pers selalu menjaga komitmen menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara,” tegas Ninik.

Adapun dorongan untuk pers agar tidak terjebak dalam arus informasi media sosial yang kebenarannya sering kali sulit dipertanggungjawabkan. Poin selanjutnya adalah Dewan Pers berkomitmen akan selalu menjaga muruah kebebasan pers di Indonesia agar tetap berdiri sebagai pilar demokrasi. (ant/bnt/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs