Selasa, 7 Mei 2024

Dukung Pemilu Bersih dan Jujur, Unair Serukan Tolak Politik Uang

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ilustrasi politik uang dalam Pemilu. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menyerukan penolakan politik uang untuk mewujudkan terselenggaranya pemilu yang bersih dan jujur.

Hadi Subhan Direktur Kemahasiswaan Unair mengatakan, tahun politik ke depan harus menghasilkan pemimpin bangsa yang baik, salah satunya dengan menghindari praktik yang mencederai berlangsungnya pemilu adil.

“Kampus merupakan salah satu simbol moral untuk bangsa. Salah satu seruan yang bisa kita lakukan adalah mencegah adanya politik uang,” ucapnya dalam keterangan yang diterima, Senin (28/8/2023).

Guru besar Fakultas Hukum Unair itu mengatakan, moralitas dan kewarganegaraan dalam diri mahasiswa baru perlu dibentuk sedari awal menjalani kuliah.

“Terbukti, pada awal semester mahasiswa baru ini akan mengikuti kuliah pembelajaran dasar bersama, atau PDB. Di sana ada muatan-muatan antikorupsi bahkan ada juga kuliah umum dengan jaksa agung yang akan membahas Indonesia bebas korupsi,” jelasnya.

Sementara itu, Muhammad Anang Jazuli Ketua BEM Unair mengatakan, penolakan politik uang merupakan upaya agar tidak terjebak dalam praktik yang dapat menurunkan kualitas demokrasi.

“Sebagaimana pesan Rektor Unair, ketika politik uang bisa dicegah maka proses pemilu dan demokrasi akan berjalan lebih murah. Maka dari itu, BEM Unair bersama rektor merumuskan untuk mengadakan deklarasi antipolitik uang yang ditandatangani oleh para pimpinan, dosen, dan mahasiswa baru,” ujarnya.

Ia berharap, melalui upaya tersebut, mahasiswa baru dapat menjadi mediator bagi masyarakat sekitar untuk tidak terlibat dan terjebak dalam politik uang. Karena menurutnya, jika politik uang terjadi, maka biaya pemilu sampai kapan pun akan tetap mahal.

“Sebagai mahasiswa, juga harus melebur dan turun kepada masyarakat di sekeliling kita untuk menyampaikan pesan menolak politik uang,” ujarnya.

Sebelumnya, Unair juga telah menandatangani deklarasi tolak politik uang dalam rangka menyambut pesta demokrasi di puncak acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa baru (PKKMB) Unair 2023. (ris/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
31o
Kurs