Rabu, 24 April 2024

Fadli Zon Mengutuk Keras Aksi Penembakan Israel di Jenin

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Fadli Zon Ketua Badan' Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI. Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Israel menyerang kamp pengungsi warga Palestina di Jenin pada Kamis (26/1/2023). Dalam penyerangan tersebut setidaknya ada 10 warga Palestina kehilangan nyawanya sementara beberapa lainnya luka-luka.

Fadli Zon Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR mengutuk keras tindakan itu dan menegaskan serangan Israel di Jenin sangat brutal dan kejam.

“Serangan terhadap sebuah kamp pengungsian yang dihuni warga tak berdaya adalah jelas-jelas mengarah ke genosida. Israel sangat ingin menjadikan bangsa Palestina punah. Ini tak sekadar pembantaian. Sekali lagi, ini seperti genosida. Apalagi di antara korban tewas terbaru itu ada perempuan berusia 61 tahun,” ujar Fadli Zon dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/1/2023).

Ia meminta komunitas internasional harus secepatnya menghentikan aksi Israel itu. Dewan Keamanan PBB jangan hanya mengecam dan menonton. Sementara dunia Barat jangan mempraktikkan standar ganda dan kemunafikan dalam menyikapi pembantaian warga Palestina oleh Israel.

Pada sisi lain, Wakil Presiden the League of Parliamentarians for Al Quds itu mendukung respon Otoritas Palestina yang mengancam memutuskan kerja sama keamanan dengan Israel di Jenin.

“Ancaman itu sangat bagus, tapi tak boleh melempem seperti yang sudah-sudah. Ini momentum bagi Otoritas Palestina untuk lebih mandiri dan berani. Ini juga momentum bagi persatuan bangsa Palestina yang tengah ke arah tren positif pasca Deklarasi Aljazair terkait rekonsiliasi antarfaksi Palestina Oktober tahun lalu,” imbuh dia.

Fadli Zon juga mengingatkan masa depan perdamaian melalui solusi dua negara semakin terancam lantaran rezim sayap kanan radikal Israel saat ini.

“Dunia harus tahu bagaimana bisa Menhan Itamar Ben-Gvir terus berusaha memberikan kekebalan hukum kepada tentara Israel yang menembak warga Palestina, memposting video dirinya di samping kepala polisi Israel, berseri-seri penuh kemenangan pasca penyerangan,” ungkap dia.

Terkait peran parlemen OKI untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina, Fadli menyampaikan bahwa Delegasi DPR di pertemuan Forum Parlemen Negara-negara OKI yang saat ini tengah berlangsung (26-30/1) di Aljir, Aljazair, menegaskan pentingnya membawa Israel ke Mahkamah Internasional, mendorong realisasi rekonsiliasi Palestina, menggalang dukungan internasional untuk menekan Israel agar tunduk pada hukum internasional.(dfn/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
27o
Kurs