Sabtu, 13 Juli 2024

Ganjar Minta KPU Segera Tindak Lanjuti Kebocoran Data Pemilih

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ganjar Pranowo Capres nomor urut 3 di Kota Kupang, NTT, Jumat (1/12/2023). Foto: Antara

Ganjar Pranowo, calon presiden nomor urut 3 meminta Komisi Pemilihan Umum RI segera menindaklanjuti dugaan kasus kebocoran data pemilih.

“Saya minta untuk segera ditindaklanjuti. Jangan sampai kepercayaan masyarakat pada KPU hilang,” ujar Ganjar di Kantor Sinode Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Kupang, NTT, Jumat (1/12/2023).

Seperti dilansir Antara, mantan Gubernur Jawa Tengah itu berharap kasus dugaan kebocoran data ini dapat dibuka ke publik untuk menyiapkan penyelesaiannya.

Menurutnya, ada banyak instrumen yang dapat dipakai dalam mengamankan data pemilih. “KPU harus bisa membuktikan bahwa itu akan aman agar masyarakat tidak cemas,” jelasnya.

Sebelumnya, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengatakan pihaknya telah melakukan forensik digital sebagai langkah penanganan dalam dugaan kasus kebocoran data yang dialami Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal tersebut dilakukan BSSN untuk mencari penyebab dugaan kebocoran data tersebut.

“Dalam penanganan insiden siber yang terjadi di KPU, BSSN sedang melakukan analisis dan forensik digital dari sisi aplikasi dan server untuk mengetahui root couse dari insiden siber yang terjadi,” kata Ariandi Putra Juru Bicara BSSN di Jakarta, Jumat.

Terkait tindak lanjut penanganan dugaan kebocoran data KPU itu, kata Ariandi, selanjutnya akan disampaikan secara langsung oleh KPU sebagai pemilik sistem elektronik terkait.

“Hasil investigasi serta perkembangan tindak lanjut dugaan insiden kebocoran data akan disampaikan langsung oleh KPU selaku penyelenggara sistem elektronik,” pungkasnya. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Sabtu, 13 Juli 2024
31o
Kurs