Jumat, 26 April 2024

Isyarat Dukungan Eri Cahyadi Maju Pilgub Menyeruak di Istigasah PDIP Jatim

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menerima tumpeng dari Kusnadi Ketua DPD PDIP Jatim, Kamis (26/1/2023). Foto: Istimewa

Isyarat dukungan Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya maju sebagai salah satu bakal calon Gubernur Jawa Timur dalam Pilkada serentak 2024 mendatang menyeruak saat istigasah yang digelar DPD PDIP Jatim hari ini, Kamis (26/1/2023).

Dalam acara istigasah bersama KH Said Aqil Siradj mantan Ketua Umum PBNU yang tak hanya dihadiri sejumlah kader, dan para kepala daerah itu, Eri Cahyadi sempat menyita perhatian.

Namanya juga langsung disebut KH Said Aqil saat pembahasan soal Pilgub Jatim.

“Saya doakan Eri Cahyadi menjadi calon gubernur dan menang,” kata Kiai Said, yang langsung diamini seluruh kader yang hadir disusul riuh tepuk tangan.

Ucapan itu ditanggapi senyum para pengurus DPD PDIP Jatim dan berbagai DPC berbagai kabupaten/kota yang hadir. Begitu juga sejumlah kepala daerah kader PDIP. Beberapa di antaranya terlihat mengacungkan jempol ke Eri Cahyadi yang hanya menyimpulkan senyuman.

Eri Cahyadi juga diistimewakan, karena diberi potongan tumpeng pertama dalam rangka peringatakan HUT ke-50 PDIP dan HUT ke-76 Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP PDIP.

Pembawa acara sempat memberi kode, kader yang akan diberikan potongan tumpeng itu, kader yang luar biasa, berprestasi dan hebat.

Akhirnya tumpeng diberikan oleh jajaran DPD PDIP Jatim, di antaranya Kusnadi Ketua PDIP Jatim dan Sri Untari Bisowarno Sekretaris DPD PDIP Jatim ke Eri. Menurut Untari pemberian itu sebagai bentuk apresiasi kader yang berprestasi.

“Interpretasi publik tentu beragam. Silakan dipersepsikan seperti apa. Tapi intinya ini bentuk apresiasi kepada salah seorang kader PDI Perjuangan yang berprestasi, yang mampu meningkatkan kesejahteraan warganya. Surabaya kan tambah keren,” ujar Sri Untari tersenyum.

Sementara Eri Cahyadi tak menanggapi soal dukungan dirinya maju Pilgub Jatim 2024. Dia lebih banyak menyebut akan membawa Surabaya lebih baik lagi.

“Saya persembahkan potongan tumpeng ini kepada seluruh kader PDI Perjuangan dan semua warga Surabaya. Sebab tanpa warga yang luar biasa dan hebat, Surabaya tidak bisa apa-apa. Saya memohon doanya agar Surabaya menjadi kota yang luar biasa. Saya optimistis bisa membawa Surabaya hebat, karena warganya sangat luar biasa,” ujarnya.

Diketahui menjelang Pilkada serentak 2024, termasuk pemilihan gubernur (Pilgub), nama Eri Cahyadi mulai masuk posisi atas sejumlah survei lembaga riset independen. Namun beberapa waktu lalu, Eri sudah menegaskan akan tetap maju dalam Pilwali 2024.(lta/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs