Kamis, 25 April 2024

Jelang Pemilu, Mahfud MD: Politik Identitas Boleh Tapi untuk Bersatu

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Mahfud MD Menko Polhukam waktu menghadiri acara Cangkrukan Menko Polhukam di Surabaya, Selasa (28/2/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Mahfud MD Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia (Menko Polhukam) berpendapat bahwa politik identitas itu tidak dilarang. Asalkan praktik tersebut dipakai untuk bersatu, bukan menjatuhkan satu sama lain.

“Kita boleh gunakan identitas diri sebagai semangat bersatu, berbagi peran untuk membangun Indonesia berdasarkan identitas masing-masing,” ujar Mahfud di Surabaya, Selasa (28/2/2023).

Mahfud menjelaskan kalau politik identitas juga tidak perlu dihilangkan, menurutnya setiap warga negara sudah erat dengan identitasnya masing-masing misalnya seperti ras, suku dan agama. Sehingga identitas setiap warga itu hanya perlu dipakai untuk berpolitik dalam membangun bangsa.

“Berbagi peran untuk membangun Indonesia berdasar identitas masing-masing,” ujarnya.

Tak hanya itu, menteri asal Madura tersebut juga menuturkan kalau berceramah politik di masjid juga tak dilarang. Asalkan ceramah tersebut berisi politik yang inspiratif.

“Harus tegakkan keadilan, tegakkan hukum, berantas korupsi, itu politik inspiratif. Tapi kalau si A jangan dipilih si B boleh dipilih, itu tak boleh di masjid,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Mahfud MD mengingatkan masyarakat dan media massa agar tidak menyebarkan apalagi membuat berita bohong menjelang Pemilu 2024.

Menko Polhukam itu juga berkomentar soal menjamurnya akun sosial media menjelang Pemilu 2024. Dia menegaskan kalau Pemerintah sedang menyiapkan rancangan UU ITE yang baru, guna menindak fenomena itu.

Mahfud khawatir dengan banyaknya pemberitaan yang tidak tepat pada tahun politik nanti bakal berdampak pada kondusifitas di masyarakat.

“Media yang bisa dipertanggung jawabkan hanya ada 1.000 di Indonesia sedangkan yang tidak bisa dipertanggung jawabkan itu ada 800.000, kita harapkan Anda ikut berperan,” pungkasnya.(wld/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs