Kamis, 2 Mei 2024

Joe Biden Dipastikan Absen Hadiri KTT ASEAN di Jakarta

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Joe Biden Presiden Amerika Serikat. Foto: Kedubes Amerika Serikat di Jakarta

Joe Biden Presiden Amerika Serikat (AS) tidak akan menghadiri KTT Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Jakarta, pada 5-7 September 2023 mendatang.

Dilaporkan Antara yang mengutip Reuters, Rabu (23/8/23023), Biden kabarnya memilih untuk melawat ke India pada 7-10 September 2023, untuk menghadiri KTT G20.

Jake Sullivan Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Selasa (22/8/2023) waktu setempat, mengumumkan bahwa Kamala Harris Wakil Presiden AS lah yang akan mewakili Biden dalam pertemuan puncak para pemimpin ASEAN itu.

Reuters juga melaporkan pada 9 Agustus lalu, bahwa Biden tidak mungkin menghadiri KTT ASEAN di Jakarta. Hal ini mendapat reaksi kekecewaan dari sejumlah diplomat.

Sulivan juga menepis soal kritik terhadap komitmen AS kepada ASEAN yang menghadapi perluasan pengaruh China, menyusul absennya Biden di KTT itu. Dia menjawab bahwa keterlibatan AS dengan Asia Pasifik sudah diumumkan sejak 2021.

“Saya akan menekankan pencapaian dan keterlibatan terbesar kami di Indo Pasifik dibandingkan dengan presiden Amerika Serikat mana pun (dan) negara mana pun di dunia,” kata dia.

Sullivan merujuk serangkaian pertemuan yang diselenggarakan atau dihadiri oleh Biden, termasuk pertemuan trilateral dengan pemimpin Korea Selatan dan Jepang di Camp David, Maryland, AS, akhir pekan lalu.

“Di India, Biden akan menegaskan kembali komitmen AS terhadap G20, sebagai forum utama kerja sama ekonomi global, termasuk komitmen AS menjadi tuan rumah G20 pada 2026,” kata Sullivan. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
33o
Kurs