Kamis, 16 Mei 2024

Jokowi Akan Bertemu Joe Biden di AS untuk Bicarakan Gencatan Senjata di Gaza

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
(Dari kiri ke kanan) Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan, Jokowi Presiden, Laksamana Yudo Margono Panglima TNI, dan Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Kapolri waktu jumpa pers di Ruang VIP Bandar Udara Internasional Juanda, Jumat (11/10/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden RI pada 12 November besok berencana bertemu Joe Biden Presiden Amerika Serikat (AS) di Washington DC, Ibu Kota AS, untuk mendiplomasikan gencatan senjata di Jalur Gaza, Palestina.

Rencana bertemu Biden itu diutarakan Jokowi waktu jumpa pers di ruang VIP Bandar Udara Terminal I Juanda, usai menyaksikan pertandingan Piala Dunia U-17 di Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jumat (10/11/2023) malam kemarin.

“Kunjungan ini akan merupakan kesempatan baik untuk menyuarakan posisi tegas Indonesia mengenai Gaza dengan Presiden Joe Biden,” kata Jokowi kemarin malam.

Jokowi Presiden bersama Iriana Jokowi Ibu Negara saat memasuki Ruang VIP Bandar Udara Internasional Juanda, Jumat (10/11/2023) malam. Foto: Wildan suarasurabaya.net

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyatakan, bahwa agenda kunjungannya ke luar negeri diawali dengan menghadiri pertemuan delegasi terbatas di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi.

Baru setelah dari KTT OKI di Ridyah, Jokowi beserta rombongan menju ke Washington DC. Presiden menyebut, hasil KTT OKI itu akan disampaikan langsung ke Biden.

“Kunjungan ini merupakan kesempatan baik untuk langsung menyampaikan hasil KTT OKI di Riyadh, yang mencerminkan solidaritas negara-negara OKI untuk membela keadilan dan kemanusiaan,” tegas Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, Joko Widodo Presiden Republik Indonesia terbang menuju ke Riyadh, Arab Saudi pada Jumat (10/11/2023) malam. Presiden dijadwalkan menghadiri KTT Luar Biasa OKI.

Agenda kunjungan Jokowi ke Arab Saudi yang dihadiri delegasi terbatas itu akan membahas mengenai situasi di Gaza, Palestina. Dengan tujuan untuk menghentikan serangan Israel.

“KTT ini sangat penting artinya sebagai upaya tambahan untuk menghentikan serangan Israel atas Bangsa Palestina. Saya akan pertegas seruan agar gencatan senjata dapat segera dilakukan dan bantuan kemanusiaan dapat diperbesar,” ucap Presiden RI. (wld/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
27o
Kurs