Minggu, 28 April 2024

Jusuf Kala Sebut Anies Punya Leadership dan Kecerdasan Memimpin Bangsa

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jusuf Kalla Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI (kiri) bersama Anies Baswedan (tengah) dan Sudirman Said (kanan) di kediaman JK di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (7/10/2023). Foto: Antara

Jusuf Kalla (JK) Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI menilai Anies Baswedan bakal calon presiden (capres) Koalisi Perubahan memiliki kepemimpinan dan kecerdasan untuk memimpin Indonesia.

“Saya dukung yang terbaik yang bisa memperbaiki bangsa ini ke depan dan Anies salah satu yang punya rekam jejak itu. Orangnya punya leadership, kecerdasan; ini bangsa yang besar, (Anies) teguh pada pendirian, punya pengalaman, dan semua dipenuhi oleh Anies,” kata JK usai menerima kedatangan sang Bacapres di kediamannya di Jakarta Selatan, Sabtu (7/10/2023) seperti dikutip Antara.

Menurut JK, sosok Anies memiliki paket komplet sebagai pemimpin. Anies pernah menjadi Rektor Universitas Paramadina periode 2007-2015, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan periode 2014-2016, dan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

Indonesia pun, lanjut JK, perlu sosok yang bisa memimpin Indonesia dengan baik ke depan.

Dalam pertemuan itu, JK memberikan bekal multivitamin bagi Anies yang akan bertarung pada Pilpres 2024.

Jika memenangi pilpres itu, maka Anies akan memimpin Indonesia dengan sekitar 270 juta orang penduduk, lebih banyak daripada Singapura dan Malaysia.

“Ini delapan kali dibanding Malaysia. Jadi, ini butuh orang bersinergi. Karena itu, saya kasih vitamin supaya stamina lebih kuat menghadapi empat bulan ke depan,” ungkap JK.

Saat disinggung mengenai wejangan bagi Anies untuk menghadapi Pemilu 2024, JK mengaku memberikan nasehat berbeda kepada Anies daripada kepada bakal capres lain yang menemuinya.

Kata JK, Anies harus lebih memperhatikan wilayah-wilayah yang berpotensi mendukungnya.

“Ini one man, one vote, kan. Tentu berikanlah orisinal. Kalau cinta kepada umat, bagaimana, bukan dibuat-buat. Kasih tahu rakyat bahwa saya begini dan tunjukkan bahwa kemampuan itu ada,” pesannya.

Pada kesempatan itu, JK juga meminta Anies menjunjung tinggi prinsip agar pesta demokrasi setiap lima tahun di Tanah Air itu berjalan dengan baik.

Sebagai informasi, pada Sabtu (7/10/2023) pagi, Anies Baswedan melakukan pertemuan sekitar 2,5 jam di kediaman pribadi JK di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, pada Rabu (4/10/2023), JK juga menerima kedatangan Puan Maharani Ketua DPP PDI Perjuangan di kediaman pribadinya. Kehadiran Puan di rumah JK itu untuk bersilaturahmi sekaligus berdiskusi soal kondisi bangsa saat ini dan tantangannya di masa depan.

Di sisi lain, Prabowo Subianto pun pernah mengunjungi JK dalam rangka silaturahim, pada Selasa 5 Mei 2023 lalu. (ant/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs