Senin, 29 April 2024

Kemenag Ingatkan ASN untuk Jaga Netralitas di Tahun Politik

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Nizar Ali Sekjen Kemenag beri pembinaan ASN Kankemenag Lamongan, Minggu (26/2/2023). Foto: Kemenag

Nizar Ali Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag) mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag untuk menjaga netralitas dalam menyongsong tahun politik.

 Nizar mengatakan, seluruh ASN Kemenag harus fokus dalam upaya menguatkan kerukunan, bukan justru terjebak dalam politik, terlebih politik identitas.

“Netralitas menjadi penting. Saya tidak ingin ASN tidak netral,” tegas Nizar saat memberikan pembinaan di Kankemenag Lamongan, Minggu (26/2/2023).

Berdasarkan pengalaman Nizar di tahun politik sebelumnya, pascatahapan kampanye, banyak Dumas (Pengaduan Masyarakat) yang masuk.

Kemenag akan dapat teguran dari komisi ASN jika Dumas yang masuk tidak di proses dari aspek disiplin pegawai.

“Salah satu pasalnya adalah pasal netralitas ASN. Ini pasalnya jelas. Ini perlu dipahami. Saya ingatkan netralitas ASN di era krusial, tahun politik, sangat penting,” tuturnya dalam laman resmi Kemenag. 

Maka dari itu, Nizar menyarankan untuk mengundurkan diri dari ASN jika memang ingin aktif di dunia politik. Caranya, bisa mengurus proses pensiun dini, utamanya bagi mereka yang sudah menjelang masuk masa pensiun.(abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs