Sabtu, 20 April 2024

KPU Fasilitasi Capres dan Cawapres Untuk Bertemu dengan Bappenas

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Hasyim Asy’ari Ketua Komisi Pemilihan Umum RI. Foto: Tangkapan layar YouTube KPU

Hasyim Asy’ari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengatakan calon presiden dan calon wakil presiden akan difasilitasi untuk bertemu dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

Kebijakan itu, kata Hasyim Asy’ari, untuk membantu pasangan calon (paslon) dalam mempersiapkan materi visi dan misi terkait dengan kemampuan anggaran dana penyelenggaraan negara sehingga informasi yang mereka sampaikan kepada masyarakat valid sesuai dengan data terkini.

“Visi dan misi kemudian di-breakdown (perincian) ke dalam program itu. Hal ini berkaitan dengan anggaran negara. Oleh karena itu, penting ketika ingin menyusun rencana lima tahun ke depan itu ‘kan berdasarkan ketersediaan anggaran negara (APBN),” ungkap Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (30/11/2023) dilansir Antara.

Hasyim menjelaskan KPU sudah bertemu dengan tim dari masing-masing paslon untuk menyampaikan hal tersebut. Dengan demikian, jadwal pertemuan dengan Bappenas akan segera diatur.

Selain Bappenas, KPU juga memfasilitasi pertemuan dengan Kementerian Keuangan untuk membahas hal yang sama, guna memperkaya informasi bagi paslon dalam menyusun target dalam lima tahun ke depan.

Dikatakan pula bahwa pelaksanaan debat capres/cawapres nantinya sebanyak lima kesempatan di Jakarta. Seluruh kegiatan debat juga disiarkan secara langsung di sejumlah televisi (TV) nasional dan kanal-kanal media elektronik lainnya.

Pelaksanaan debat pertama dan kedua pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023, pada tanggal 7 dan 21 Januari, dan terakhir pada tanggal 4 Februari 2024.

Sebelumnya, KPU RI pada 13 November 2023 lalu, telah menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.(ant/and/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs