Kamis, 30 Mei 2024

KPU Jatim Prioritaskan Pengiriman Surat Suara Pemilu ke Daerah Kepulauan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Choirul Anam Ketua KPU Jawa Timur waktu ditemui di salah satu acara di hotel kawasan Surabaya Selatan, Senin (18/12/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur bakal memprioritaskan terlebih dulu pengiriman surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke wilayah kepualuan terluar, terutama di Kabupaten Sumenep.

Choirul Anam Ketua KPU Jatim menyatakan, kendala cuaca musim hujan akan menjadi tantangan petugas sewaktu mengirimkan surat suara ke puluhan pulau di Sumenep.

“Kalau cuaca buruk kami akan minta bantuan dari kapal Koarmada II untuk pengirimannya,” kata Choirul Anam pada Senin (18/12/2023).

Sementara di wilayah lain yang bukan kepulauan, KPU Jatim memastikan pengirimannya relatif lebih mudah dan tidak ada kendala. Namun pengamanan ketat tetap dilakukan supaya hak demokrasi masyarakat pada hajat lima tahunan terjamin.

Namun sebagian surat suara di Jatim masih dalam tahap produksi, Anam menyebut jumlahnya belum mencapai 50 persen. KPU Jatim menargetkan, pada pertengahan Januari 2024 nanti seluruh surat suara sudah terdistribusikan ke kabupaten dan kota.

Pada Desember 2023 ini surat suara yang sudah dikirim baru untuk pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Sedangkan untuk surat suara pemilihan DPRD, DPR RI, maupun Presiden, masih dalam proses produksi.

“Mudah-mudahan pada pertengahan Januari semua sudah terkirim di gudang-gudang logistik KPU kabupaten/ kota. Mengingat untuk surat suara ini masih dibutuhkan sortir maupun juga lipat,” ujarnya.

Selain itu, KPU Jatim memastikan belum ada temuan terkait logistik Pemilu 2024 yang mengalami kerusakan saat tiba di gudang logistik KPU kabupaten dan  kota. Biasanya, lanjut Anam, logistik yang sering terdapat kerusakan adalah surat suara.

“Sedangkan logistik yang lain ini tetap kita inventarisasi dan kita sekarang ada silog.kpu.go.id jadi kami bisa memantau secara realtime,” ujarnya.(wld/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 30 Mei 2024
32o
Kurs