Kamis, 2 Mei 2024

KPU Pilih 11 Panelis Debat Pertama Capres Jelang Pilpres 2024

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi kampanye pemilu. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI siap menggelar debat pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) yang akan berkontestasi pada Pilpres 2024.

Debat pertama dijadwalkan hari Selasa (12/12/2023), bertempat di Kantor KPU RI, kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

August Mellaz Komisioner KPU mengatakan, pihaknya sudah menentukan 11 orang panelis yang menyusun daftar pertanyaan debat perdana.

“Kami sudah mendapatkan konfirmasi yang akan menjadi panelis untuk debat pertama,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (9/12/2023).

Dia menyebut, para panelis kompeten di bidangnya, yang mayoritas adalah akademisi dari berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Masing-masing, Mada Sukmajati pakar ilmu politik Universitas Gadjah Mada, Rudi Rohi pakar Ilmu politik Universitas Nusa Cendana Kupang, dan Lita Tyesta ahli hukum tata negara Unversitas Dipenogoro.

Kemudian, Khairul Fahmi pakar hukum Universitas Andalas, Agus Riewanto pakar hukum tata negara Universitas Sebelas Maret Surakarta, Susi Dwi Harijanti pakar hukum tata negara Universitas Padjadjaran, dan Bayu Dwi Anggono Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Jember.

Selanjutnya, Ahmad Taufan Damanik Ketua Komnas HAM periode 2017-2020, Al Makin Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga, Gun Gun Heryanto dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Wawan Mas’udi Dekan Fisipol UGM.

Selain panelis, KPU juga sudah menentukan moderator yang akan memandu jalannya debat capres-cawapres, yaitu Ardianto Wijaya Kusuma dan Valerina Daniel Jurnalis TVRI.

Sekadar informasi, tema debat pertama capres-cawapres yaitu tentang pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

KPU menjadwalkan lima kali debat capres-cawapres, supaya publik mengetahui visi, misi, kualitas dan kapabilitas ketiga pasang calon pemimpin yang akan dipilih dan menjabat periode 2024-2029. (rid/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs