Senin, 13 Mei 2024

KPU Siapkan Podium untuk Kandidat pada Debat Cawapres Jumat Malam

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Hasyim Asy'ari Ketua KPU usai konferensi pers persiapan debat capres/cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (11/12/2023). Foto: Antara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyetujui hasil masukan dari tim sukses dari masing-masing calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) untuk menyediakan podium bagi kandidat pada rangkaian debat mendatang.

“Catatan kemarin atau evaluasi sudah kita sepakati bersama, di antaranya semua tim paslon mengajukan usulan bahwa di dalam debat nanti kedua dan seterusnya masing-masing sampai kelima, itu disiapkan podium sederhana sebagai sarana untuk tampil,” kata Hasyim Asy’ari Ketua KPU RI dilansir Antara pada Senin (18/12/2023) tengah malam.

Oleh karena itu, penambahan podium ini menjadi salah satu hal yang membedakan debat cawapres dari debat sebelumnya. Debat cawapres akan berlangsung Jumat (22/12/2023) malam.

Sementara itu untuk mekanisme debat, Hasyim mengatakan masih menggunakan format yang sama dengan debat capres pada Selasa (12/12/2023) lalu.

Ia menerangkan pasalnya format saat ini sudah paling sesuai dari segi durasi waktu dan kesepakatan awal semua pihak.

“Semua punya kesempatan untuk menjawab yang diajukan panelis maupun masing-masing capres/cawapresnya, sehingga kesempatan berbicara lebih banyak walau kurang mendalam karena cakupan tema banyak,” jelasnya.

Pada segmen pertama, para cawapres akan terlebih dahulu menyampaikan visi, misi, program kerja oleh masing-masing. Kemudian untuk segmen kedua dan ketiga, para cawapres akan menjawab pertanyaan yang sudah diajukan oleh tim panelis.

“Dan yang akan menyampaikan, atau mengajukan pertanyaan adalah moderator,” imbuh Hasyim.

Pada segmen keempat dan kelima, para cawapres mendapat kesempatan untuk mengajukan pertanyaan untuk satu sama lain. Adapun pada segmen keenam yang terakhir, para cawapres akan menyampaikan kesimpulan untuk menutup rangkaian debat hari itu. (ant/mel/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 13 Mei 2024
29o
Kurs