Jumat, 19 April 2024

KPU Siapkan TPU Khusus di IKN Nusantara untuk Pemilu 2024

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi Pemilu 2024. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim) akan menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Tujuannya agar para pekerja yang berasal dari luar Penajam Paser Utara bisa mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Irwan Syahwana Ketua KPU Penajam Paser Utara menjelaskan, TPS khusus itu akan ditempatkan di dekat lokasi pekerja proyek pembangunan IKN Nusantara.

Menurut data, terdapat 787 pekerja yang saat ini menggarap pembangunan IKN Nusantara.  Dari jumlah tesebut, hanya 395 pekerja yang telah lengkap data masuk dalam aplikasi Sidalih (sistem informasi data pemilih). Mereka inilah yang akan melakukan pencoblosan di TPS khusus.

Selain itu, tercatat 59 pekerja pembangunan RDMP (Refinery Development Master Plan) Kilang Minyak Lawe-Lawe PT Pertamina (Persero) yang berasal dari luar Penajam Paser Utara, akan mencoblos pada Pemilu 2024.

“Pekerja itu kami daftarkan sebagai pemilih di TPS dekat lokasi bekerja. Karena syarat untuk bentuk TPS khusus minimal ada 100 pemilih,” ujar Irwan Syahwana dilansir Antara.

KPU Penajam Paser Utara mengaku sudah bersepakat dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Bahwa pemungutan suara di lokasi proyek tidak akan mengganggu teknis pembangunan IKN Nusantara. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs