Senin, 29 April 2024

Megawati Putuskan Ganjar Pranowo Jadi Bakal Capres 2024

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ganjar Pranowo bakal capres PDI Perjuangan. Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDIP akhirnya memutuskan Ganjar Pranowo sebagai bakal Calon Presiden 2024.

Megawati memutuskan hal ini dengan sebuah kontemplasi dan proses panjang setelah selama ini memikirkan, melihat dan mencermati apa yang telah menjadi harapan rakyat, serta memohon petunjuk kepada Allah SWT.

“Maka pada Hari Kartini ini tanggal 21 April 2023 dan sekaligus sebagai tonggak perjuangan kaum perempuan Indonesia yang non diskriminatif setara dan dijamin oleh konstitusi negara, maka pada jam 13.45, dengan mengucap Bismillahhirohmanirrohim menetapkan saudara Ganjar Pranowo yang sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon Presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” ujar Megawati saat mengumumkan secara daring di Istana Batu Tulis, Bogor, Jumat (21/4/2023).

Selanjutnya, Megawati menugaskan Prananda Prabowo selaku kepala situation room dengan memberikan mandat untuk melakukan monitoring terhadap dinamika politik nasional, bagaimana konsolidasi partai dijalankan dan pemenangan untuk pemilihan umum 2024.

Demikian halnya dengan Puan Maharani Ketua DPP bidang politik dan juga sekaligus Ketua DPR RI setelah sebelumnya Megawati memberikan tugas untuk bertemu secara rutin dengan presiden Jokowi dan berdialog dengan para ketua umum partai politik, maka Megawati memberikan mandat penugasan kepada Puan Maharani untuk membentuk tim yang dibutuhkan guna memenangkan pemilihan presiden dan legislatif tahun 2024.

“Anak-anak ku, seluruh simpatisan anggota dan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, dengan penetapan calon presiden ini selanjutnya saya memberikan instruksi melalui perintah harian kepada tiga pilar partai, yaitu 1, pada struktural partai dari anak ranting, ranting, pengurus anak cabang, satgas partai, DPLN artinya cabang di luar negeri, DPC, DPD hingga DPP Partai serta 2, kepada seluruh anggota legislatif dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga tingkat nasional, dan 3, kepada seluruh eksekutif partai dari tingkat nasional, provinsi hingga seluruh kepala daerah dan wakil kepala daerah di tingkat kabupaten kota, saya perintahkan sebagai ketua umum partai untuk segera bergerak dan bekerja keras turun ke bawah menyapa akar rumput memenangkan pemilihan umum tahun 2024,” tegasnya.

Megawati mengaku, apa yang dia sampaikan merupakan tanggung jawab terhadap sejarah dan bagi masa depan bangsa.

“Sebagaimana saudara-saudara ketahui bahwa oleh kongres ke lima Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, saya telah mendapat mandat dan hak prerogratif untuk menetapkan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” ungkapnya.

Menurut Megawati, tugas dan tanggung jawabnya tersebut bukan sebuah hal yang ringan. Karena itu, dia gunakan seluruh akal budi dan mata hati serta pikiran, juga berdialog dengan para tokoh bangsa termasuk Jokowi Presiden, juga dengan jajaran internal partai maupun dengan Prananda Prabowo yang juga adalah anggota partai dan Puan Maharani yang juga kader dan petugas partai yang telah lama digembleng menjadi pemimpin.

“Saya mencermati bagaimana pendidikan politik dan kaderisasi kepemimpinan di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mampu melahirkan begitu banyak pemimpin. Mereka diberi dan memegang tanggung jawab yang begitu besar bagi rakyat bangsa dan negara,” pungkas Megawati.(faz/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs