Sabtu, 27 April 2024

MPR Minta Kemenlu RI Melayangkan Nota Protes ke Denmark atas Aksi Pembakaran Al Quran

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Arsip foto - Bambang Soesatyo Ketua MPR memberikan pandangannya pada acara konferensi pers “Dialog Kebangsaan" di kompleks Parlemen DPR, Jakarta, Selasa (8/3/2022). Foto: Antara

Bambang Soesatyo (Bamsoet) Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI,) mengatakan, aksi pembakaran Al-Quran yang dilakukan oleh kelompok sayap kanan Denmark sudah terjadi sebanyak tujuh kali dan telah memantik kecaman dunia internasional, terutama negara-negara Muslim.

Bamsoet sangat menyayangkan sekaligus mengecam keras aksi yang tidak bermoral tersebut, dan mendorong pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk secara serius merespons kejadian itu dengan terus-menerus mengirimkan nota protes kepada pemerintah Denmark hingga benar-benar ditindaklanjuti.

“Pasalnya, hingga kini belum ada sikap maupun tindakan dari pemerintah Denmark dalam merespons ke tujuh nota diplomatik yang terus dilayangkan oleh negara-negara anggota OKI termasuk Indonesia setiap kali terjadi pembakaran Alquran,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Jumat (18/8/2023).

Ketua MPR mendorong pemerintah Indonesia bersama anggota OKI di setiap negara agar mendesak pemerintah Denmark untuk mengambil tindakan secepat mungkin untuk menghentikan aksi pembakaran kitab suci Al-Quran tersebut yang kerap dilakukan di depan Kedubes negara-negara anggota OKI.

” Saya minta Kemenlu RI mengajak seluruh negara-negara Muslim di dunia, agar bersama menyampaikan tuntutan baik melalui penolakan hingga kecaman keras atas setiap aksi pembakaran kitab suci Alquran yang tidak boleh ditoleransi oleh pihak manapun,” tegasnya.

Disamping itu, lanjut Bamsoet, Kemenlu RI juga harus terus mengawal upaya/sikap pemerintah Denmark yang telah menjanjikan akan merancang dan membuat produk hukum untuk bisa melarang, menghentikan atau menangkap pelaku pembakaran Alquran.

“Karena, tanpa ada aturan terkait, aksi pembakaran Al-Quran berpotensi terus berulang,” pungkas Ketua MPR.(faz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs