Minggu, 5 Mei 2024

Once Mekel, Marcell, Hingga Denny Cagur Masuk Bacaleg PDIP

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Kris Dayanti dan Ribka Tjiptaning Bacaleg incumbent dari PDIP naik dokar saat akan mendaftar ke KPU RI, Kamis (11/5/2023). Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

PDI Perjuangan (PDIP) secara resmi daftarkan sebanyak 580 bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Kamis (11/5/2023). Partai berlambang banteng itu mendaftarkan bacalegnya dari berbagai macam kalangan, termasuk artis. Beberapa nama baru seperti Once Mekel, Taufik Hidayat Udjo, Marcell Siahaan, hingga Denny Cagur.

Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal DPP PDIP menjelaskan, jika dari 580 bacaleg yang didaftarkan tersebut, PDIP terus meningkatkan kualitas. Salah satunya dengan mendaftarkan calon anggota dewan itu dari kalangan budayawan, seniman hingga artis.

“PDI Perjuangan di dalam meningkatkan kualitas anggota dewan juga merekrut kalangan-kalangan akademisi ada sekitar 73 orang, dari TNI-Polri Purnawirawan ada 17 orang. Budayawan, Seniman, dan Artis 14 orang, dan caleg yang sebagian besar kader telah berproses melalui pendidikan politik dan kaderisasi kepemimpinan secara berjenjang,” kata Hasto dalam jumpa pers di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).

Hasto menyampaikan, dari ratusan bacaleg yang didaftarkan memang ada sebagian yang berstatus incumbent. Termasuk para budayawan, seniman dan artis yang maju kembali di Pileg 2024 mendatang.

Namun, terdapat juga nama-nama baru yang didaftarkan untuk Pemilu 2024 ini. Di antara nama baru itu yang didaftarkan nama artis beken yakni Elfonda Mekel alias Once Mekel, Marcellius Kirana Hamonangan Siahaan, hingga Denny Wahyudi alias Denny Cagur.

“Dari kalangan budayawan, seniman, dan artis, selain incumbent seperti Rano Karno, Rieke Diah Pitaloka, Krisdayanti, Harvey Malaihollo, Nico Siahaan, juga bergabung Once Mekel, Marcell Siahaan, Taufik Hidayat Udjo, Denny Cagur, Tamara Geraldine, Sari Koeswoyo mengingat Koes Plus spirit nasionalisme luar biasa, Lita Zen, Andre Hehanussa, Lucky Perdana, dan Roni Sianturi,” tuturnya.

“Jadi ada sekitar 14 dari kalangan budayawan, seniman, dan artis yang memang terbukti memiliki kompetensi sangat kuat,” sambungnya.

Lebih lanjut, Hasto menyampaikan, jika para kalangan budayawan, seniman dan artis itu terbukti memiliki kompetensi yang kuat untuk dimajukan di Pemilu 2024.

“Krisdayanti misalnya beliau diva tetapi sangat rajin turun ke bawah (rakyat, red). Demikian pula sosok seperti Rano Karno si Doel anak Betawi itu juga menggelorakan suatu semangat keberpihakan terhadap wong cilik,” pungkasnya.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs