Sabtu, 4 Mei 2024

PAN dan PKS Daftar Bareng ke KPU Surabaya, Masing-Masing 50 Bacaleg

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Pengurus DPD PAN mendaftar bacaleg ke KPU Surabaya, Jumat (12/5/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

DPD Partai Amanat Nasional (PAN) dan DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendaftar bacaleg bersama hari ini, Jumat (12/5/2023) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya. Keduanya mendaftarkan kuota penuh yaitu sebanyak 50 bakal calon legislatif (bacaleg).

Juliana Evawati Sekretaris DPD PAN Surabaya menyebut, menarget perolehan kursi DPRD Kota Surabaya 100 persen dari pemilu sebelumnya yang hanya 3 kursi.

“Pastinya dari bacaleg yang sudah hadir dan mendaftar, insya Allah, kita berjuang bersama. Target kursi tercapai. Target naik 100 persen dari sekarang. Optimistis merebut kemenangan,“ jelasnya, Jumat (12/5/2023).

Ia komitmen, seluruh bacaleg yang daftar akan kerja politik secara maksimal. Termasuk 30 persen bacaleg millenial yang mendaftar.

“Yang sudah mendaftar harus mengupayakan kerja politik secara optimal. 50 sudah masuk sebagai caleg sementara. Milenial kita 30 persen, perempuan setiap dapil lebih dari 30 persen, bahkan ada dapil 56 persen untuk perempuan,” tandasnya.

KPU Surabaya terima berkas pendaftaran bacaleg DPD PKS Surabaya, Jumat (12/5/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Sementara Johari Mustawan Ketua DPD PKS Surabaya menyebut, menarget 10 kursi legislatif 2024 nanti. Naik 100 persen dibanding sebelumnya mampu memperoleh 5 kursi.

“Targetnya 10 kursi dalam rangka untuk juga kontestasi penuh ketika pilkada Kota Surabaya. Perempuan 36 persen setiap dapil di atas 30 persen rata-rata,” katanya.

Sasaran pemilih, sambungnya, adalah millenial, ibu-ibu, komunitas tertentu, dan pedagang.

“Banyak (bacaleg millenial) yang di bawah 40 tahun, hampir tiap dapil. Sehingga, ini bgian perhatian kami terhadap anak muda gaar kontribusi dalam pembangunan Kota Surabaya,” imbuhnya.

Terkait pendaftarannya yang baru dilakukan pada hari ke-12 menjelang penutupan dua hari lagi, lanjutnya, untuk memastikan semua berkas memenuhi syarat.

“Karena memang kita koordinasi dari hulu ke hilir supaya daftar tanggal 12 ini, betul-betul memenuhi syarat 100 persen,” tandasnya.

Sehingga hari ini, Nur Syamsi Ketua KPU Kota Surabaya memastikan sudah ada enam partai yang mendaftar bacaleg. Namun baru empat yang dinyatakan lengkap.

“Hanura, NasDem, PDIP, PBB, PAN, dan PKS. Empatnya dinyatakan diterima, satu dinyatakan dikembalikan yaitu PBB, PKS sedang berproses,” ujarnya.

Nur Syamsi Ketua KPU Surabaya, Jumat (12/5/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Berkas milik Partai Bulan Bintang (PBB) dikembalikan, karena dinyatakan belum lengkap salah satunya karena belum mendapat persetujuan DPP. Berkas itu harus dilengkapi maksimal 14 Mei 2023.

“Punya waktu sampai tanggal 14. PBB belum memastikan jam berapa, katanya tanggal 14,” imbuhnya.

Nur Syamsi mengupayakan tidak ada penumpukan pendaftaran bacaleg dihari terakhir. Pihaknya sudah mengantisipasi membludaknya kedatangan parpol dengan membagi durasi pendaftaran.

“KPU Surabaya sudah komunikasi dengan parpol Surabaya agar tidak terjadi penumpukan diakhir masa pengajuan itu. Iya tapi namanya juga hak, tapi kami gak bisa memaksa hari ini dan hari itu sepanjang dia mengajukan jadwal yang ditentukan maka kewajiban dari kami menerima pengajuan itu,” bebernya. (lta/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs