Selasa, 30 April 2024

Partai NasDem Daftarkan 580 Bacaleg ke KPU RI

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Pawai dari kader dan simpatisan Partai NasDem mewarnai pendaftaran Bakal Caleg ke KPU RI, Kamis (11/5/2023). Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Setelah PDIP selesai melakukan pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg), giliran Partai NasDem yang menyusul mendaftarkan Bacaleg-nya ke Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI)

Prananda Surya Paloh Ketua Koordinator Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP Partai Nasdem menyerahkan berkas pendaftaran bakal caleg DPR RI Partai NasDem kepada Hasyim Asy’ari Ketua KPU RI di Ruang Sidang Utama, Kantor KPU RI

KPU RI menerima secara resmi berkas pendaftaran sebanyak 580 bakal calon legislatif (caleg) untuk DPR RI pada Pemilu 2024 dari Partai NasDem.

“Pada hari Kamis, 11 Mei 2023, hadir di sini Pimpinan Pusat Partai NasDem menyerahkan atau mendaftarkan bakal calon DPR RI,” ujar Hasyim di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).

Dalam tahapan penyerahan berkas tersebut, kata Hasyim, setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim teknis, KPU akan memberitahukan status kelengkapan berkas pendaftaran bakal calon legislatif untuk DPR RI dari Partai NasDem tersebut.

Sebelumnya, Prananda menjelaskan bahwa NasDem telah menyiapkan dokumen lengkap persyaratan pendaftaran bakal caleg DPR RI.

“Kami telah menyiapkan perlengkapan 100 persen tanpa kekurangan apapun dan yang menjadi catatan cukup menggembirakan, kurang lebih 33 persen kuota perempuan terpenuhi,” ujarnya.

Sebelum ke KPU, Surya Paloh Ketua Umum Partai NasDem sempat melepas secara resmi para bakal calon legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pelepasan ini ditandai dengan pemotongan tumpeng.

“Saya ucapkan selamat kepada kita semuanya pada hari ini, InsyaaAllah dengan seluruh persiapan kita, pada persiapan mengantarkan dokumentasi dan berkas sebagaimana yang diatur oleh peraturan perundang-undangan kita,” kata Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis, (11/5/2023).

Surya Paloh optimistis NasDem dapat meraih hasil terbaik pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Ia meyakini niat baik akan menghasilkan hasil yang sesuai target.

“Niat baik yang masih ada pada kami semuanya, konsistensi sikap kami dan keinginan kami untuk memberikan sesuatu yang berarti bagi perjalanan kehidupan bangsa kami. Berikan ridhomu bagi kami,” kata Surya Paloh.

Pemotongan tumpeng ini turut dihadiri sejumlah petinggi Partai NasDem. Partai NasDem juga menargetkan meraih 100 kursi di DPR dan mendapat posisi dua besar perolehan suara.

Sekadar diketahui, sejak pendaftaran bakal caleg DPR RI dibuka pada Senin (1/5/2023), ada empat partai politik yang telah mendaftarkan bakal caleg DPR, masing-masing Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hanura, PDI Perjuangan (PDIP), dan NasDem.

Pendaftaran bakal caleg DPR RI di Kantor KPU RI masih akan berlangsung hingga Minggu (14/5/2023) pukul 23.59 WIB. KPU telah mengimbau seluruh partai politik di tingkat nasional yang menjadi peserta Pemilu 2024 agar menyampaikan surat pemberitahuan paling lambat satu hari sebelum pendaftaran dilakukan.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
27o
Kurs