Sabtu, 4 Mei 2024

Patung Bung Karno Tertinggi di Dunia bakal Dibangun di Bandung

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) bersama Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat saat melakukan groundbreaking Monumen Plaza Ir. Soekarno di GOR dan Taman Saparua, Bandung, Rabu (28/6/2023). Foto : istimewa

Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) bersama Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat melakukan groundbreaking Monumen Plaza Ir. Soekarno, di GOR dan Taman Saparua, Bandung, Jawa Barat, Rabu (28/6/2023) pagi.

Patung Bung Karno itu dipastikan akan jadi yang tertinggi di Indonesia, bahkan di dunia.

Selaku penasihat pembangunan Monumen Bung Karno, Hasto menilai Kota Bandung memiliki sejarah khusus tentang Sang Proklamator RI.

“Dari Bandung pemikiran Bung Karno ini membentang dari society view bergerak ke national view dan world wide view dan inilah cara pandang yang harusnya diwujudkan para pemuda-pemuda Indonesia, khususnya Bandung,” kata Hasto dalam sambutannya di acara tersebut, Rabu (28/6/2023).

Sementara itu, Pamriadi Ketua Yayasan Putra Nasional Indonesia mengatakan pembangunan patung itu dilakukan secara gotong royong, tanpa menggunakan uang negara atau daerah.

Dia bilang patung yang didirikan di GOR dan Taman Saparua bakal menjadi patung Bung Karno tertinggi di dunia.

“Patung Bung Karno setinggi 22,3 meter itu, insyaallah tidak dibiayai APBN dan APBD, tapi dari donatur-donatur yang sangat cinta Bung Karno, terhadap perjuangan Bung Karno,” kata Pamriadi.

Dia menerangkan pembangunan Patung Bung Karno itu butuh anggaran Rp14,5 miliar. Pemberi ide pembangunan datang dari akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Monumen akan mulai dibangun awal Juli dengan membangun pertama adalah menata Taman Plaza Bung Karno,” imbuhnya.

Pamriadi menerangkan patung itu dibuat pematung yang memang kerap membuat Patung Bung Karno, yaitu Dunadi asal Yogyakarta.

“Sedang diproses sekarang di Yogyakarta. Insyaallah tahun ini Monumen Plaza Bung Karno di Bandung ini akan menjadi monumen tertinggi di Indonesia, mungkin tertinggi di dunia. Ini akan menjadi ikon baru di Jawa Barat,” kata dia.

Hadir sejumlah tokoh masyarakat seperti Pak Tito yang merupakan putra Inggit Garnasih, Irjen Akhmad Wiyagus Kapolda Jawa Barat, Erros Djarot Ketua Yayasan Fatmawati, dan Ahmad Heryawan mantan Gubernur Jabar.(faz/rid).

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
30o
Kurs