Jumat, 17 Mei 2024

PDI Perjuangan Panggil Effendi Simbolon Terkait Dukungan ke Prabowo

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan menegaskan seluruh kader harus mendukung Ganjar Pranowo di Pemilu 2024. Foto: Istimewa

DPP Bidang Kehormatan PDI Perjuangan akan segera memanggil Effendi Simbolon anggotanya untuk mengklarifikasi terkait pernyataannya di acara keluarga besar Simbolon yang mendukung Prabowo Subianto.

Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan menegaskan, semua kader harus mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden dari PDI Perjuangan.

Sebab Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDI Perjuangan sudah memutuskan secara resmi Ganjar Pranowo sebagai bacapres yang diusung PDIP.

“Seluruh kader PDI Perjuangan, setelah 21 April ketika keputusan sudah diambil oleh Ketua Umum Partai Ibu Megawati Soekarnoputri, semua harus satu arah, mendukung Pak Ganjar Pranowo,” tegas Hasto, Sabtu (8/7/2023).

Hasto menekankan, kedispilinan partai adalah hal yang mutlak. Sehingga jika ada kader yang tidak sesuai arah partai maka akan berhadapan dengan bidang kehormatan partai.

“Bagi yang tidak memberikan dukungan, Dewan Kehormatan langsung secara otomatis, secara sistemik menjalankan tugasnya sehingga kedisiplinan partai ini sesuatu yang sifatnya mutlak. Karena PDI Perjuangan adalah partai ideologi berdasarkan Pancasila dan keputusan sudah diambil sehingga seluruhnya wajib,” tegas Hasto.

Sebelumnya, dalam Rekernas Punguan Simbolon dohot Baruna se-Indonesia (PSBI) 2023 di Jakarta, Jumat (7/7/2023), Effendi Simbolon menilai Prabowo Subianto paling pas untuk memimpin Indonesia selanjutnya.

Rencananya, Komarudin Watubun selaku Ketua DPP PDIP bidang Kehormatan partai akan mengklarifikasi Effendi Simbolon.

“Karena kami ini kan Partai Demokrasi Indonesia sehingga semuanya akan dilakukan klarifikasi partai agar disiplin partai ditegakkan,” ujarnya.

Proses klarifikasi itu akan dilakukan sesegera mungkin. Sementara soal apakah Effendi akan menjadi kader partai lain, Hasto menyerahkan kepada proses klarifikasi yang dilakukan.

“Nanti kan yang penting kita lakukan klarifikasi terlebih dahulu nanti Badan Kehormatan sesuai dengan AD/ART partai akan memgusulkan pengambilan keputusan dari DPP partai,” terangnya. (saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
26o
Kurs