Senin, 29 April 2024

PDIP Berikan Kuliner UMKM Gratis di Peringatan Puncak Bulan Bung Karno di GBK

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Sejumlah Stan UMKM beri makan gratis kepada peserta yang hadir di peringatan puncak Bulan Bing Karno di GBK, Jakarta, Sabtu (24/6/2023). Foto : istimewa

PDI Perjuangan (PDIP) turut melibatkan masyarakat pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang menyajikan berbagai macam produk dalam acara puncak peringatan Bulan Bung Karno (BBK) 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

Terlihat booth-booth UMKM tersebut berjejer di kawasan koridor luar Stadion GBK. Salah satu titiknya di depan pintu gerbang zona 10. Mereka menyajikan berbagai macam produk dari mulai pakaian hingga kuliner.

Sejumlah booth terlihat sudah diserbu oleh para kader PDIP sejak pagi. Untuk diketahui, sejak subuh, puluhan ribu kader PDIP sudah mulai mendatangi kompleks GBK. Yang sudah hadir, mereka memanfaatkan waktu lengang sebelum rangkaian acara BBK 2023 dimulai siang nanti, dengan berjalan-jalan di sekitaran stadion.

Maka itu sejak pagi hari, para kader terlihat tampak ramai memadati booth UMKM yang menyajikan kuliner. Seperti salah satunya pada booth yang menyajikan makanan Pecel khas Madiun dan juga booth Dimsum.

Tak kalah ramai juga, kader memadati booth-booth yang menyajikan minuman yang cocok dinikmati pada pagi hari yakni kopi hingga jamu.

Sementara itu untuk booth UMKM yang menyajikan pakaian, menyiapkan sejumlah produk untuk kalangan anak-anak hingga dewasa. Berdasarkan pantauan, harganya cukup terjangkau untuk dibeli masyarakat kebanyakan.

Terlihat juga beberapa UMKM yang menjajakan pernak-pernik khas PDIP seperti kopiah dengan lambang Bung Karno, hingga kaus-kaus bergambar lambang partai.

Sementara itu yang menarik, PDIP juga mempersembahkan UMKM yang menyajikan produknya secara gratis atau cuma-cuma untuk kader.

Hal itu seperti terlihat pada koridor pintu masuk bagian Tenggara GBK. Berbagai macam kuliner diberikan secara cuma-cuma untuk kader yang memang belum sarapan pagi.

“Silakan makanan gratis,” ucap salah satu pelaku UMKM yang menjajakan Bakso Malang di lokasi.

Terlihat, sebelum mengikuti acara BBK, kader memanfaatkan momentum tersebut dengan memadati gerobak-gerobak UMKM kuliner yang disajikan.

Adapun untuk UMKM kuliner yang diberikan secara gratis ini disiapkan untuk dua sesi. Yakni sesi pertama untuk pagi hari dimulai pukul 08.30 WIB, dan sesi sore dimulai pukul 15.00 WIB.

Untuk diketahui, melalui puncak peringatan Bulan Bung Karno di Gelora Bung Karno (GBK), PDI Perjuangan (PDIP) ingin menggelar konsolidasi akbar yang rapi dan berdisiplin. Agenda ini dikategorikan yang terbesar kedua setelah tahun 1999 di tempat yang sama.

“Perlu diingat bahwa acara di Gelora Bung Karno ini merupakan acara yang terbesar kedua setelah pada tanggal 14 Februari 1999 dalam puncak konsolidasi ketika memperkenalkan logo PDIP banteng bulat bersatu. Maka pada puncak peringatan Bulan Bung Karno semua harus mampu menunjukan ketertiban sebagai satu rampak barisan,” kata Hasto Kristiyanto Sekjen DPP PDIP menjelaskan persiapan Bulan Bung Karno di Jakarta, Rabu (21/6/2023).

Hasto menjelaskan dalam Bulan Bung Karno tahun 2023 ini mempunyai tema besar “Kepalkan Tangan Persatuan untuk Indonesia Raya”. Karenanya, menyangkut pagelaran akbar ini, Megawati menitipkan dua pesan khusus yang harus diperhatikan kader PDIP.

“Yang pertama kader PDI Perjuangan menjaga kedisiplinan. Yang kedua Partai memelopori waste management sehingga menjaga kebersihan selama acara merupakan hal yang penting,” sebut Hasto. 

Diprediksi ajang ini akan dihadiri hampir melebihi 100 ribu orang sementara kapasitas GBK yang tercatat 78 ribu.

Sebagai gambaran kegiatan ini sangat besar karena akan dihadiri 7.000 satgas dari seluruh Indonesia. Mereka akan tampil di lapangan utama dan melontarkan yel-yel yang penuh semangat. Ditambah 3000-an lebih penari kolosal.(faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs