Minggu, 12 Mei 2024

PDIP: Ganjar-Mahfud Lahir Dari Gerakan Rakyat yang Otentik, Bukan Permainan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Hasto Kristiyanto Sekjen DPP PDIP. Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

PDI Perjuangan (PDIP) menyerahkan sepenuhnya kepada rakyat soal hasil pemilu presiden (Pilpres) 2024, apakah akan berlangsung satu putaran atau dua putaran. Pasangan Ganjar-Mahfud MD adalah pasangan yang hadir dari gerakan rakyat yang otentik, bukan dari permainan institusi.

Hal itu disampaikan Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) ketika menjawab pertanyaan wartawan, di Nusa Dua, Bali, Rabu (22/11/2023). Ia mendampingi Megawati Soekarnoputri Presiden Kelima RI saat menerima AFEO Distinguished Honorary Patron, yaitu penghargaan tertinggi dari AFEO untuk Kepala Negara/Kepala Pemerintahan yang telah berjasa besar terhadap profesi keinsinyuran. Sebelumnya pada 2019, Joko Widodo Presiden RI Ke-7 juga mendapat penghargaan serupa.

Kata Hasto, semua pasangan calon di Pilpres 2024 tentu ingin menang. Namun bagi Pasangan Ganjar-Mahfud, proses meraih kemenangan itu harus dimulai dari tanggungjawab dan komitmen pada kebenaran moral.

“Kami optimis menang satu putaran? Ya semua pasangan calon punya tanggung jawab untuk itu. Tapi bagi kami berpolitik itu dimulai dari kebenaran moral itu tadi,” ujar Hasto.

Hasto menegaskan tanda atau ciri dari proses pemenangan Ganjar-Mahfud adalah dukungan dari gerakan rakyat di akar rumput. Karena gerakan rakyat ini akan menjadi penentu dalam meraih kemenangan.

“Maka kami bergerak. Maka ada gerakan rakyat. Jadi ciri pemenangan pak Ganjar Mahfud itu gerakan Rakyat. Ketika baliho Pak Ganjar dan Prof Mahfud itu diturunkan, rakyat menyediakan tempatnya (untuk dipasang baliho Ganjar-Mahfud). Ketika yang lain menggunakan mobilisasi kepala desa, maka ini (Ganjar) tidur di rumah rakyat. Jadi cirinya gerakan. Ketika kemudian ada dana yang begitu besar dari pihak mereka, kami gotong royong,” papar Hasto memberi contoh.

Hasto yang juga sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud mengingatkan bahwa pasangan yang diusung PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo ini lahir otentik dari gerakan rakyat.

“Jadi semua mencirikan gerakan, karena pemimpin yang muncul otentik dari rakyat itu memiliki ciri-ciri gerakan. Balihonya pun kami pasang sendiri. Bukan tiba-tiba satu malam muncul baliho di mana-mana. Itu bukan gerakan tapi institusi yang bermain,” tandas Hasto.

Karena itu, ketika ditanya apakah optimis menang satu putaran? Hasto menegaskan semua diserahkan pada rakyat sebagai pemegang mandat dalam alam demokrasi.

“Kami serahkan kepada rakyat. Tentu saja kami memiliki strategi yang terbaik. Jadi mau satu putaran mau dua putaran. Tentu saja target kami mencapai target yang optimum. Ini kan ada tiga pasang calon. Sehingga kami terus bergerak,” tegas Hasto.

Salah satu gerakan yang dilakukan itu, jelas Hasto, PDIP terus menggelar kegiatan bersama rakyat. Termasuk mengawal proses pemilu agar berjalan dengan baik dan berkeadilan.

“Dengan melihat rakyat yang bergerak, maka kami percaya pasangan Ganjar-Mahfud yang memulai proses dengan baik akan menghasilkan suatu kepemimpinannya yang baik,” tegas Hasto.

Sementara, Ahmad Muzani Sekretaris Jenderal Partai Gerindra mengatakan bahwa Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) tidak mendeklarasikan dukungan mereka bagi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pasangan calon presiden dan calon wakil presiden saat Silaturahmi Desa Bersatu di Stadion GBK, Jakarta, Minggu, 19 November 2023.

“Jadi, itu acara dalam acara silaturahim mereka untuk menyampaikan unek-unek. Maka, judulnya kami mendengar. Tidak ada deklarasi, tidak ada dukungan,” kata Muzani di Jakarta, Senin (20/11/2023).

Salah satu keluhan yang disampaikan Apdesi kepada Gibran Rakabuming Raka calon wakil presiden dalam silaturahim itu adalah berkaitan dengan perubahan undang-undang (UU) desa.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
34o
Kurs