Minggu, 5 Mei 2024

PPP Dukung Ganjar Capres 2024, Koalisi Perubahan untuk Persatuan Fokus Menangkan Anies Baswedan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan

Aboebakar Alhabsy Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menghormati keputusan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden 2024.

Menurutnya, keputusan partai berlambang Kabah itu hal yang wajar dalam dunia politik, apalagi menjelang berlangsungnya pesta demokrasi lima tahunan.

Bahkan, dia bilang dukungan PPP buat Ganjar yang notabene Kader PDI Perjuangan dan sudah ditetapkan sebagai bakal capres oleh partainya bagian dari proses demokrasi yang sehat.

“Kami tentu menghormati keputusan PPP yang menyatakan dukungan untuk Ganjar Pranowo. PKS mengedepankan proses demokrasi yang sehat dan menghargai keputusan partai politik lain,” ujarnya di Jakarta, Kamis (27/4/2023).

Sekarang, PKS bersama Partai NasDem dan Partai Demokrat, kata Habib Aboebakar, tetap menjaga fokus untuk memenangkan Anies Baswedan sebagai Presiden 2024-2029.

Koalisi Perubahan untuk Persatuan, lanjut Sekjen PKS, masih membuka pintu buat partai politik lain yang ingin bergabung dalam barisannya.

“Kami tetap fokus untuk memenangkan Anies Baswedan pada Pemilihan Presiden 2024. Tentunya, kami juga masih membuka peluang bagi partai politik lain yang ingin bergabung dan mendukung Anies Baswedan sebagai capres,” tegasnya.

Seperti diketahui, PPP resmi mendukung Ganjar Pranowo Kader PDI Perjuangan yang sekarang menjabat Gubernur Jawa Tengah sebagai bakal capres pada Pemilu 2024.

Pengumuman itu disampaikan Muhammad Mardiono Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP, Rabu (26/4/2023), di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebelumnya, PDI Perjuangan lebih dulu mengusung Ganjar Pranowo yang sudah dua periode menjabat Gubernur Jawa Tengah sebagai bakal capres.

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDI Perjuangan mengumumkan keputusan partainya kepada publik, Jumat (21/4/2023), di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat.

Dengan begitu, sekarang sudah ada dua partai politik parlemen yang mendukung Ganjar sebagai bakal capres.

Dalam beberapa waktu ke depan, tidak menutup kemungkinan ada parpol perlemen lain yang ikut mendukung Ganjar sebelum pendaftaran pasangan capres dan cawapres dibuka.

Berdasarkan Peraturan KPU, pendaftaran capres cawapres yang diusung partai atau gabungan partai politik untuk Pemilu 2024, dijadwalkan mulai tanggal 19 Oktober sampai 25 November 2023.(rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs