Minggu, 14 April 2024

Prabowo Bahas Pengiriman Kapal Rumah Sakit TNI ke Palestina dengan Dubes Palestina

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Prabowo Subianto Menteri Pertahanan RI bertemu dengan Zuhair Al-Shun Duta Besar Palestina di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (6/11/2033). Foto : istimewa

Menindaklanjuti bantuan kemanusiaan yang diberikan Indonesia untuk Palestina, Prabowo Subianto Menteri Pertahanan RI bertemu dengan Zuhair Al-Shun Duta Besar Palestina di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (6/11/2033).

“Kita membahas cukup mendalam dan saya bahas rencana kita, tawaran kita untuk mengirim kapal rumah sakit TNI. Dan ini akan kita koordinasikan dengan pemerintah Mesir, saya sudah lapor kepada Bapak Presiden dan berkoordinasi sama menteri luar negeri kita,” kata Prabowo.

Prabowo juga menegaskan bahwa semua rumah sakit TNI sudah siap untuk menampung para pasien yang terdampak konflik Israel-Palestina.

“Kami juga sudah menawarkan ke palestina, semua rumah sakit TNI terbuka untuk pasien-pasien, korban-korban dari keadaan di Gaza. Kemudian, itu pun sedang kita koordinasikan teknisnya bagaimana,” ungkap Prabowo.

Selanjutnya, Prabowo akan melakukan koordinasi dengan Duta Besar Mesir untuk membicarakan prosedur pengiriman kapal rumah sakit tersebut. Kapal itu akan dikirim oleh RI begitu diizinkan oleh Mesir.

Sementara Zuhair Al-Shun Dubes Palestina mengapresiasi inisiatif Prabowo membuka beasiswa bagi mahasiswa Palestina di Universitas Pertahanan RI.

“Sejumlah warga kota akan dikirim untuk belajar di Universitas Pertahanan, ini adalah bantuan yang sangat signifikan,” ucap Zuhair.

Prabowo mengatakan Unhan RI akan menerima sebanyak 22 mahasiswa dari Palestina.

“Mereka (kadet Palestina) akan belajar di kita selama lima tahun untuk bidang-bidang yang mereka butuhkan seperti kedokteran, teknik, dan sebagainya,” kata Prabowo.

Seusai bertemu dengan Dubes Palestina, Prabowo juga bertemu dengan Arshaf Sulthan Dubes Mesir di kantor Kemhan RI.

“Kita diskusi secara rinci terutama rencana pengiriman kapal rumah sakit dan akan segera ditindaklanjuti, mudah-mudahan ada koordinasi yang baik,” ucap Prabowo.

Prabowo menyampaikan, dirinya akan melakukan koordinasi dengan Joko Widodo Presiden untuk berkunjung ke Kairo, Mesir.

“Saya siap terbang ke Kairo untuk koordinasi dengan Menteri Pertahanan Mesir dan berjumpa mungkin dengan beberapa tokoh di kawasan itu,” kata Prabowo.(faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 14 April 2024
30o
Kurs