Senin, 29 April 2024

Prabowo Diterima Presiden Prancis di Istana Élysée Usai 2+2 RI-Prancis

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Prabowo Subianto Menteri Pertahanan (kiri) bersama Retno Marsudi Menteri Luar Negeri (kanan) bertemu dengan Emmanuel Macron Presiden Prancis (tengah) di Istana Élysée Prancis usai Pertemuan 2+2 pada Sabtu (22/7/2023). Foto: Istimewa

Prabowo Subianto Menteri Pertahanan didampingi Retno LP Marsudi Menteri Luar Negeri mengunjungi Istana Élysée dan diterima langsung oleh Emmanuel Macron Presiden Prancis setelah melakukan pertemuan 2+2 antara Menteri Pertahanan dan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia dengan Prancis.

Saat tiba di istana, Macron sempat mengajak Prabowo berbincang sesaat. Usai berbincang, Macron mengadakan pertemuan tertutup dengan Prabowo dan Retno.

Dalam pertemuan itu, Prabowo dan Retno membahas terkait kesiapan Indonesia untuk memperkuat kemitraan strategis dengan Prancis berlandaskan prinsip saling menghormati dan saling menguntungkan.

Selain itu, hubungan kerja sama pertahanan kedua negara yang tidak hanya soal perdagangan alutsista, namun juga transfer teknologi, pengembangan, produksi, hingga keamanan bersama.

“Saya ingin menggarisbawahi salah satu prinsip kebijakan pertahanan Indonesia 2020–2024, yaitu mengembangkan dan meningkatkan kerja sama internasional di bidang pertahanan, termasuk bekerja sama dengan negara-negara Pasifik Selatan,” ungkap Prabowo sesuai keterangan yang diterima Suara Surabaya, Sabtu (22/7/2023).

Prabowo sebelumnya mengatakan di bawah pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) Presiden, kerja sama antara Indonesia dan Prancis di bidang pertahanan adalah yang terbaik dalam beberapa tahun ini, terutama pada program alih teknologi serta akuisisi peralatan pertahanan.

Hal ini dikatakan Prabowo usai menghadiri pertemuan 2+2 antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan RI-Prancis, di Prancis, Jumat (21/7/2023).

“Tadi pembicaraan 2+2 telah berjalan dengan sangat baik dan hubungan kita (RI-Prancis) khususnya di bidang pertahanan adalah yang terbaik dalam beberapa dasawarsa ini, dan sesuai perintah Presiden Jokowi ini artinya bahwa ke depan hubungan kedua negara akan berjalan untuk jangka waktu yang panjang,” ujar Prabowo.

Kemudian pada bidang pendidikan, sambung Prabowo, Indonesia mendorong adanya latihan bersama.

“Indonesia dan Prancis juga telah saling mendukung di berbagai forum internasional. Adapun di bidang industri pertahanan hubungan kedua negara juga baik,” pungkas Prabowo. (bnt/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs