Minggu, 28 April 2024

Prabowo: Indonesia Bisa Swasembada Pangan dan Jadi Lumbung Pangan Dunia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Prabowo Subianto Menhan RI membuka acara Rakerda Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Jawa Barat 2023, di GOR C-Tra Arena Bandung, Kamis (23/11/2023). Foto: istimewa

Prabowo Subianto Menteri Pertahanan RI mengatakan, mewujudkan swasembada pangan merupakan bagian penting dari upaya membangun pertahanan Indonesia.

Maka dari itu, dia mengajak perangkat desa khususnya kepala desa untuk ikut serta mencapai tujuan bersama.

Pernyataan tersebut disampaikan Prabowo di acara Rakerda Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Jawa Barat (Jabar) 2023, di GOR C-Tra Arena Bandung, Kamis (23/11/2023).

“Desa sebagai sumber pangan adalah sangat vital. Kita ini berhubungan, karena itu sebentar lagi saya kira para kepala desa akan diajak. Kita akan turunkan Babinsa, TNI, petugas-petugas dari Kementerian Pertanian, semuanya akan mengajak kepala desa untuk tingkatkan produksi pangan di seluruh desa. Ini dalam rangka membangun pertahanan kita,” ujarnya.

Lebih lanjut, Prabowo menekankan pemenuhan kebutuhan pangan merupakan hal utama yang harus dicapai sebelum memaksimalkan kemampuan alutsista.

Sebab, alat-alat militer yang canggih hanya dapat berfungsi maksimal kalau para Prajurit TNI memiliki fisik dan kapabilitas yang mumpuni.

“Kita boleh punya alat yang paling hebat. Tapi, kalau tidak ada beras, kita tidak bisa bikin apa-apa. Tentara kalau mau perang harus ada beras dulu, harus makan dulu,” tegasnya.

Ketua Umum Partai Gerindra itu melanjutkan, luasnya geografi dan keberagaman sumber pangan berpotensi membuat Indonesia bukan hanya mandiri tetapi juga menjadi lumbung pangan dunia. Dia yakin dengan kepemimpinan yang tepat, hal itu dapat terwujud.

Alhamdulillah, sumber pangan kita sangat besar dan sebentar lagi kita akan kembali swasembada pangan di bawah Menteri Pertanian yang baru, Pak Amran Sulaiman dengan timnya. Insyaallah kita akan kembali swasembada pangan dan menjadi lumbung pangan dunia,” pungkasnya. (rid/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs