Selasa, 7 Mei 2024

Presiden: RI Komitmen Jadikan Kawasan Pasifik Damai dan Sejahtera

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan trilateral dengan Papua Nugini dan Fiji di sela KTT APEC, di San Francisco, Amerika Serikat, Kamis (16/11/2023) waktu setempat. Foto: Antara

Joko Widodo Presiden menegaskan komitmen Indonesia untuk terus menjadikan Kawasan Pasifik damai, stabil dan sejahtera.

Hal itu disampaikan Joko Widodo saat menggelar pertemuan trilateral bersama dengan James Marape Perdana Menteri Papua Nugini dan Fiji Sitiveni Rabuka Perdana Menteri di sela KTT APEC, di San Francisco, Amerika Serikat, Kamis (16/11/2023) waktu setempat.

“Saya tegaskan kembali, Indonesia berkomitmen kuat menjadikan Kawasan Pasifik sebagai kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera,” kata Jokowi Presiden sebagaimana siaran pers di Jakarta, yang dilansir Antara, Jumat (17/11/2023).

Jokowi menyebut pertemuan antar ketiga negara mencerminkan hubungan persaudaraan yang erat antar sesama negara pasifik.

Dia mengapresiasi Melanesian Spearhead Group (MSG) dan Pacific Islands Forum (PIF) yang telah menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Indonesia dalam sejumlah pertemuan.

“Saya juga ikuti dari dekat, pelaksanaan KTT MSG dan KTT PIF, dan saya mengapresiasi posisi MSG dan PIF yang menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Indonesia,” ujarnya.

Kepala Negara lalu menyampaikan bahwa Indonesia akan terus berkomitmen untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dengan MSG dan PIF melalui sejumlah kerja sama yang nyata.

“Komitmen ini telah ditunjukkan oleh Indonesia dalam berbagai kesempatan, antara lain mengundang PIF di KTT G20 dan KTT ASEAN. Indonesia telah berhasil mendorong terjadinya kerja sama antara Sekretariat ASEAN dan PIF,” sambungnya.

Selain itu, Jokowi Presiden mengungkapkan harapan Indonesia untuk menjadi mitra dalam pembangunan MSG dan PIF.

Presiden Jokowi pun turut senang melihat sejumlah progres pembangunan fasilitas publik yang telah dilaksanakan di Fiji dan juga Papua Nugini.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut yakni Airlangga Hartarto Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Retno Marsudi Menteri Luar Negeri, dan Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan. (ant/and/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
29o
Kurs