Jumat, 26 April 2024

Relawan Jokowi Usulkan Nama Bakal Capres-Cawapres, Tolak Tiga Periode

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ribuan relawan Jokowi dalam Musra XIII Jatim di Grand City Surabaya, Minggu (15/1/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Ribuan relawan Joko Widodo Presiden RI memadati Musyawarah Rakyat (Musra) ke- XIII Jawa Timur yang digelar di Surabaya, Minggu (15/1/2023). Mereka mengusulkan bakal calon presiden dan tegas menolak tiga periode Jokowi.

Andi Gani Nena Wea Ketua Dewan Pengarah Musra menyebut Musra XIII Jatim mewadahi relawan untuk menyuarakan bakal calon presiden yang diinginkan. Tak hanya itu, tapi juga persoalan-persoalan yang terjadi di daerah-nasional.

“Kami berharap, Musra Jatim bisa menemukan pelanjut untuk kepemimpinan Jokowi ke depan. Ujungnya kita akan merekomendasikan tiga nama capres dan cawapres. Kita bawa ke Jokowi kita akan laporkan,” kata Andi Gani.

Panel Barus Ketua Panitia Nasional Musra menambahkan, targetnya tiga besar nama capres dan cawapres itu akan disampaikan ke Joko Widodo sebelum 20 Maret mendatang, gelaran Musra penutup di Jakarta.

“Selain tiga nama Capres dan Cawapres yang akan disampaikan ke Jokowi sebelum 20 Maret, juga ada hasil rekaman, apa agenda kebangsaan yang diinginkan rakyat, juga program prioritas nasional yang diinginkan rakyat. Biar bisa jadi pijakan pemimpin ke depan tahu yang diinginkan rakyat,” paparnya.

Dari kiri ke kanan: Panel Barus Ketua Panitia Nasional Musra, Andi Gani Nena Wea Ketua Dewan Pengarah Musra, Budi Arie Setiadi Penanggung Jawab Musra, Minggu (15/1/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Panel menyebut selama 12 Musra yang digelar tersebar di berbagai provinsi Indonesia sekaligus satu di luar negeri, tiga nama bakal capres yang muncul masih, Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah memimpin di atas, disusul Prabowo Subianto Menteri Pertahanan, juga Ketum Gerindra, dan Airlangga Hartarto Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian yang juga Ketum Partai Golkar.

“Capres ada tiga besar itu sementara, cawapresnya empat besar. Pak Mahfud MD (Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan), Erick Thohir (Menteri Badan Usaha Milik Negara), dan Anies Rasyid Baswedan, dan Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif),” imbuhnya.

Panel juga menyebut 12 Musra sebelumnya bahkan sempat memenangkan nama Jokowi lagi. Tapi, dengan tegas Musra menolak Jokowi tiga periode.

“Pranowo menang dua kali Musra, Sandiaga Uno sekali, Ganjar tiga kali, Jokowi dua kali, Airlangga tiga kali. Tapi ini belum disimpulkan. Menolak tiga periode (Jokowi) karena itu bahaya buat demokrasi dan konstitusi, itu menjerumuskan Jokowi,” tambahnya lagi.

Sementara hasil Musra XIII Jatim baru akan diumumkan Rabu depan. (lta/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs