Selasa, 30 April 2024

Ribuan Massa Unjuk Rasa Warnai Sidang MK soal Putusan Batas Usia Bacapres-Bacawapres

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Kelompok Mahasiswa berunjukrasa mengkritisi MK agar tidak menjadi Mahkamah keluarga dan membangun politik dinasti. Unjuk rasa di Patung Kuda kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin (16/10/2023). Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Ribuan massa melakukan unjuk rasa di Patung Kuda Jalan Merdeka Barat kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Senin (16/10/2023).

Massa aksi ada tiga kelompok, satu kelompok dari mahasiswa, sedangkan dua lainnya dari kelompok pemuda dan masyarakat sipil.

Kelompok mahasiswa menyuarakan kritikan kepada Mahkamah Konstitusi (MK) supaya tidak menjadi Mahkamah Keluarga dan membangun politik dinasti.

“Mahkamah Konstitusi bukan Mahkamah Keluarga. Kami menolak politik dinasti, kami sudah muak. Jangan sampai reformasi dikorupsi,” ujar seorang mahasiswa saat berorasi.

Sambil membawa spanduk dan poster, mereka juga protes kepada aparat keamanan karena mendapat diskriminasi tempat berunjuk rasa yang jauh dari gedung MK.

“Kami jangan didiskriminasi dalam berunjuk rasa. Biar kami mendekat gedung MK, jangan dijauhkan. Sementara yang mendukung gugatan boleh mendekat,” kata mahasiswa.

Sementara massa pemuda dan kelompok masyarakat lainnya yang jumlahnya ratusan minta MK mengabulkan gugatan batas usia bacapres-bacawapres di usia 35 tahun.

“Sudah saatnya bagi kaum muda bisa memimpin negeri ini,” ujarnya.

Sejauh ini aksi unjuk rasa berjalan tertib, dan aparat keamanan menjaga jalannya aksi serta berusaha memisahkan antara kelompok pro dan kontra. (faz/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs