Minggu, 28 April 2024

Sah, PKB Sepakat Anies Berduet dengan Cak Imin di Pencalonan Pilpres 2024

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Suasana sebelum dimulainya Rapat Pleno Gabungan DPP PKB di Kantor DPW PKB Jatim, Jumat (1/9/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net Suasana sebelum dimulainya Rapat Pleno Gabungan DPP PKB di Kantor DPW PKB Jatim, Jumat (1/9/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akhrinya resmi menerima tawaran Partai Nasdem untuk menduetkan Anies Baswedan bersama Muhaimin Iskandar (Cak Imin) untuk maju sebagai bakal calon presiden (bacapres) dan bakal calon wakil presiden (bacawapres).

Kesepakatan itu diambil PKB setelah melalui Rapat Pleno gabungan DPP PKB di Kantor DPW PKB Jawa Timur di Gayungan, Surabaya. Hasil rapat pleno itu disampaikan oleh Muhammad Hassanudin Wahid Sekertaris Jenderal PKB.

“Barusan diputuskan yang pertama kami menerima dan akan menindaklanjuti lamaran Partai Nasdem kepada ketua umum kami Gus Imin untuk bersama maju Pilpres 2024 dengan saudara Anies Baswedan,” kata Hassanudin Wahid ditemui di Kantor DPW PKB Jatim, Jumat (1/9/2023).

Muhammad Hassanudin Wahid Sekjen PKB (kiri) waktu memberi keterangan soal kesepakatan menduetkan Cak Imim Ketum PKB bersama Anies Baswedan bacapres diusung Partai Nasdem, Jumat (1/9/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net
Muhammad Hassanudin Wahid Sekjen PKB (kiri) waktu memberi keterangan soal kesepakatan menduetkan Cak Imim Ketum PKB bersama Anies Baswedan bacapres diusung Partai Nasdem, Jumat (1/9/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Hassanudin menyebut keputusan sore ini merupakan gabungan dari semua unsur yang ada di PKB. Tidak hanya dari Dewan Syuro dan Tanfidzyah, namun seluruh anggota fraksi PKB hingga DPW PKB se Indonesia.

Selain itu Hassanudin mengeklaim kalau hasil keputusan untuk menduetkan Cak Imin bersama Anies telah mendapat dukungan dari para kiai panutan yang ada di Jatim.

“Untuk menindaklanjuti hasil Pleno DPP PKB tadi pagi yang meminta untuk konsultasi, tausyiah pertimbangan serta nasihat dari para masyayikh para kiai sepuh dari seluruh kiai kiai yang menjadi panutan umat selama ini terkait tawaran kerja sama dari Nasdem,” katanya.

“Yang kedua para kiai mendukung penuh memberikan dorongan bahwa apa yang terbaik buat PKB itu akan jadi juga keputusan. Dan beliau-beliau itu memberikan mandat kepada kita bismillah tawakaltu alallah melaku, budal gus,” imbuhnya.

Dalam waktu dekat PKB akan menggelar deklarasi pasangan Anies-Cak Imin sebagai bacapres dan bacawapres. Sebelumnya juga tersiar kabar kalau deklarasi itu akan berlangsung di Hotel Majapahit Surabaya.

Namun Hassanudin belum mengkonfirmasi apakah deklarasi itu akan berlangsung di Hotel Majapahit. Dia hanya menyatakan kalau deklarasi keduanya akan segera dilangsungkan.

“Kapan deklarasi di mana dan jam berapa itu akan kami segera beritahukan besok ya,” tuturnya.(wld/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
31o
Kurs