Rabu, 17 April 2024

Selain Mengakui Kemerdekaan RI, Prabowo Juga Berharap Belanda Minta Maaf

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Prabowo Subianto Menteri Pertahanan RI. Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Pemerintah Belanda akhirnya resmi mengakui tanggal 17 Agustus 1945 sebagai tanggal kemerdekaan Indonesia. Prabowo Subianto Menteri Pertahanan RI bersyukur atas pengakuan dari negeri kincir angin itu.

“Ya Alhamdulillah terima kasih,” kata Prabowo di Sespim Lemdiklat Polri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat, (16/6/2023).

Prabowo pun lebih bersyukur jika Pemerintah Belanda meminta maaf atas perbuatannya selama menjajah Indonesia. Meski begitu, dia menyebut Raja Belanda sudah pernah meminta maaf.

“Semoga juga kalau dia minta maaf atas apa yang mereka buat selama itu di Indonesia. Tapi, rajanya sudah pernah minta maaf,” ucapnya.

Lebih lanjut, Prabowo belum mengetahui pasti kabar Mark Rutte PM Belanda akan segera bertemu Joko Widodo Presiden. Menurutnya, itu ranah Menteri Luar Negeri.

“itu tanya Menlu,” kata Mantan Danjen Kopassus tersebut.

Seperti diketahui, Pemerintah Belanda akhirnya resmi mengakui tanggal 17 Agustus 1945 sebagai tanggal kemerdekaan Indonesia. Bukan lagi 27 desember 1949 saat Belanda pertama kali mengakui kedaulatan Indonesia.

“Belanda mengakui sepenuhnya dan tanpa syarat bahwa Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945,” kata Mark Rutte seperti dikutip kantor berita AD.nl, Rabu (14/6/2023).

Menurut Rutte, dia akan berkonsultasi dengan Presiden Indonesia untuk melihat bagaimana iitu dapat diakui dan dilaksanakan bersama.

Sebenarnya, tanggal 17 Agustus 1945 sudah lama dilihat sebagai awal kemerdekaan Indonesia, kata Rutte dalam debat tentang kajian dekolonisasi (1945-1950). Dia mencontohkan, Raja Belanda sudah mengirimkan telegram ucapan selamat ke Indonesia pada 17 Agustus setiap tahun.

Hingga saat ini, Belanda secara resmi selalu menganggap 27 Desember 1949 sebagai tanggal kemerdekaan. Belanda menyerahkan kedaulatan setelah perang yang berkepanjangan di Indonesia.

Mereka menyebutnya aksi polisionil, sementara Indonesia menyebut peristiwa itu sebagai Perang Kemerdekaan.

Pada tahun 2005, Belanda telah menerima ‘secara politik dan moral’ Indonesia merdeka pada tahun 1945. Tapi, itu tidak pernah datang dari pengakuan penuh.

Rutte sekarang memenuhi itu atas permintaan Corinne Ellemeet anggota parlemen.(faz/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
28o
Kurs