Jumat, 3 Mei 2024

Siang Ini, PAN dan PPP Daftarkan Bakal Caleg DPR RI ke KPU

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih membuka pintu pendaftaran bakal calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tingkat pusat sampai daerah, yang nantinya bisa dipilih pada Pemilu 2024.

Hari ini, Jumat (12/5/2023), rencananya Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (caleg) DPR RI, ke KPU Pusat.

Eddy Soeparno Sekretaris Jenderal DPP PAN mengatakan, partainya akan mendaftarkan 580 orang bakal caleg DPR RI sekitar pukul 14.00 WIB.

“PAN nomor urut 12, Insya Allah, akan daftar tanggal 12 setelah jam 12 siang setelah Salat Jumat. Mendaftar di hari yang baik juga yaitu hari Jumat. Semoga membawa berkah dan kebaikan,” ujarnya lewat pesan singkat, Jumat (12/5/2023).

Menurut Eddy, bakal caleg PAN di seluruh tingkatan merupakan orang-orang yang kompeten dengan berbagai latar belakang. Ada mantan aktivis, pengusaha, seniman, dan bekas kepala daerah.

Bakal caleg PAN yang mendaftar, lanjut Eddy juga beragam agamanya.

Lalu, dia mengungkapkan keterwakilan perempuan sudah memenuhi syarat yang ditetapkan dalam Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2023.

Sementara itu, PPP rencananya akan mendaftarkan bakal calegnya ke Kantor KPU Pusat, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, sekitar pukul 14.30 WIB.

Usman Tokan Juru Bicara PPP menyatakan, bakal caleg partainya sudah memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan.

Selain perempuan, Usman mengklaim banyak bakal calon legislator partai berlambang Kabah dari kalangan generasi muda.

Sekadar informasi, KPU tingkat pusat dan daerah membuka pengajuan bakal caleg untuk Pemilu 2024 mulai tanggal 1 sampai 14 Mei 2023.

Partai politik mendaftarkan bakal caleg DPR RI langsung ke KPU Pusat. Lalu, bakal caleg DPRD kabupaten/kota dan provinsi didaftarkan ke KPU daerah masing-masing.

Sampai sekarang, tercatat baru empat partai politik yang sudah mendaftarkan nama bakal calon anggota DPR RI ke KPU, yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hanura, PDI Perjuangan dan Partai NasDem.(rid/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs