Rabu, 28 Februari 2024

Sosok Hamka Haq di Mata Ganjar: Tokoh Alim yang Sering Memberi Nasihat

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ganjar Pranowo Capres nomor urut 3 saat melayat almarhum Prof Hamka Haq, Kamis (7/12/2023) malam. Foto : istimewa

Kabar duka datang dari keluarga besar Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Universitas Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Prof Hamka Haq Politikus senior PDIP sekaligus guru besar UIN Alauddin meninggal dunia, Kamis (7/12/2023).

Kepergian ulama sekaligus politikus gaek partai banteng moncong putih itu meninggalkan duka bagi Ganjar Pranowo calon Presiden 2024 nomor urut 3.

Ganjar yang mempunyai hubungan dekat dengan Hamka melayat ke rumah duka seusai tiba dari kunjungannya ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis.

Ganjar tiba di rumah duka sekira pukul 18.30 WIB. Ia disambut oleh putra Hamka, istri dan kerabat. Setelah menyampaikan duka cita, Ganjar duduk di hadapan jenazah Hamka untuk berdoa dan memberikan penghormatan terakhir.

“Prof Hamka itu dulu tetangga saya saat di Cibubur. Beliau seorang alim, ulama, ilmunya dan wawasannya luas. Saya orang yang beruntung karena sering mendapat banyak nasihat dari beliau,” kenang Ganjar.

Sejak menjadi anggota DPR RI hingga saat ini, Ganjar mengaku sering berkomunikasi dengan Hamka. Bahkan ketika ia mendapat persoalan, ia selalu berkonsultasi dengan Hamka Haq.

“Beliau orang yang sangat baik, kalau ketemu saya, saya selalu ditepuk-tepuk, dipeluk dan didoakan. Beliau selalu bilang, sabar, tabah dan jalan terus. Sebuah doa yang sangat tulus,” jelasnya.

Semasa hidup, lanjut Ganjar, Hamka dikenal sebagai sosok yang loyal dan pekerja keras. Kecerdasan dan sifat welas asihnya menjadi panutan.

“Maka saya tadi pesan pada putra-putri beliau untuk terus menyebarkan ajaran baik Prof Hamka. Beliau orang yang sangat luar biasa. Saya berdoa untuk beliau,” pungkasnya.

Kedekatan Prof Hamka dengan Ganjar dibenarkan oleh salah satu putra Prof Hamka. Ia mengatakan, saat ulang tahun Hamka Haq pada 18 Oktober lalu, merupakan momen sangat menggembirakan bagi ayahnya.

Bahkan, ayahnya menyebut jika itu adalah ulang tahun terbaiknya, karena bersamaan dengan diumumkannya Mahfud MD sebagai calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo.

“Bapak bilang, itu ulang tahun terbaiknya. Sebab pada tanggal itu, diumumkan jika Prof Mahfud MD yang mendampingi Pak Ganjar. Beliau bahagia sekali waktu itu,” ucap putra Hamka.

Sekadar diketahui, Prof Hamka Haq Ketua Bidang Keagamaan dan Kepercayaan pada Tuhan Yang Maha Esa DPP PDIP, meninggal dunia di RS Siloam Jakarta pada Kamis (7/12/2023). Hamka akan dimakamkan di Makassar, di tanah kelahirannya.(faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Rabu, 28 Februari 2024
26o
Kurs