Rabu, 15 Mei 2024

Sukseskan Pemilu 2024, Bawaslu Ajak Pemilih Pemula Jadi Pengawas Partisipatif

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana sosialisasi pengawasan partisipatif bagi pemilih pemula yang digelar oleh Bawaslu Kota Surabaya di Yayasan Nurul Hayat Gunung Anyar Surabaya, pada Kamis (13/4/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya mengajak pemilih pemula untuk turut aktif menjadi pengawas partisipatif.

Lilies Pratiwi Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kota Surabaya menyatakan, upaya itu merupakan bagian dari pelibatan masyarakat dari berbagai segmen untuk menyukseskan pemilu.

“Pemilih pemula ini kita ambil dari teman-teman SMA di Surabaya, kita melibatkan ini karena Daftar Pemilih Tetap (DPT)-nya Jatim untuk pemilih pemula itu menyumbang 2 juta 200 sekian, dari 30 juta di Jatim,” ucapnya saat berada dalam acara sosialisasi pengawasan partisipatif bagi pemilih pemula di Yayasan Nurul Hayat Gunung Anyar Surabaya, Kamis (13/4/2023).

Lilies Pratiwi Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kota Surabaya saat berada di Yayasan Nurul Hayat Surabaya, pada Kamis (13/4/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Lilies mengatakan, dengan jumlah itu, pemilih pemula memiliki peran yang strategis dalam menyongsong pemilu 2024.

Ia juga menyatakan, dalam sosialisasi yang digencarkan oleh Bawaslu Kota Surabaya, pemilih pemula diharapkan menjadi salah satu agent of change untuk menyukseskan pemilu mendatang.

“Kita juga akan menyosialisasikan posko pengaduan masyarakat, kemudian terkait hak pilih juga. Jadi mereka bisa dilibatkan dalam setiap proses tahapan pemilu nantinya,” ungkapnya.

Selain itu, kata Lilies, pemilih pemula juga diharapkan dapat menjadi corong untuk menolak masalah politik sara hingga politik uang.

“Mereka bisa melapor ke Bawaslu melalui posko pengaduan masyarakat itu,” ungkapnya.

Para peserta sosialisasi pengawasan partisipatif bagi pemilih pemula yang digelar oleh Bawaslu Kota Surabaya di Yayasan Nurul Hayat Gunung Anyar Surabaya, pada Kamis (13/4/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan jika ada pemilih pemula yang saat ini belum berusia 17 tahun, tetapi saat memasuki masa pemilu nanti berusia 17, pihaknya menyatakan siap membantu untuk mengurus masalah pemilihan.

“Itu bisa kita akomodir untuk cek DPT online miliknya KPU itu, kalau misalnya mereka sudah terdaftar, tapi kalau belum akan kita akomodir,” pungkasnya.(ris/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
28o
Kurs