Rabu, 1 Mei 2024

Tak Rela Jokowi dan Keluarga Diperdagangkan untuk Elektabilitas, Projo Ganjar Dideklarasikan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ratusan anggota Projo mendeklarasikan Projo-Ganjar di Depok, Jawa Barat, Rabu (27/9/2023). Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Sukarelawan yang tergabung dalam Pro Jokowi (Projo) melakukan deklarasi nasional untuk mendukung Ganjar Pranowo Bakal Capres 2024 dengan wadah bernama Projo Ganjar, dilaksanakan di Hotel Bhumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, Rabu (27/9/2023).

Ratusan orang dengan mengenakan kaus berwarna putih bertuliskan “Projo-Ganjar” tampak hadir di lokasi. Mereka kemudian menamakan diri sebagai Projo Ganjar setelah deklarasi terhadap mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Sebelum deklarasi, sejumlah orang tampak menandatangani pernyataan dukungan di sebuah papan tulis berkelir putih yang berada di area depan tempat deklarasi.

Acara deklarasi diawali dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya, untuk kemudian dilanjut dengan mengheningkan cipta, dan pembacaan doa.

Eko Sulistyo Wakil Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDI Perjuangan (TKRPP-PDIP) sampai Mahdan penasihat Projo Ganjar, menjadi tokoh yang hadir dalam deklarasi.

Mahdan dalam sambutannya, menjelaskan Projo ialah kelompok sukarelawan yang lahir dari rahim PDI Perjuangan. Dulu didirikan berawal dari Depok, pada 11 tahun lalu, oleh tokoh seperti dirinya dan yang hadir di deklarasi Projo Ganjar itu.

Mahdan mengaku organisasi Projo saat ini, menyimpang dari semangat awal pendirian. Karena organisasi secara dini sudah mendukung tokoh tertentu pada Capres 2024 yang sangat tidak masuk di akal.

“Jokowi dulu dikatakan PKI dan plonga-plongo, siapa yang bela? Projo. Yang mengatakan (Jokowi PKi dan plonga plongo itu) siapa? Kok sekarang didukung begitu. Wah amit-amit jabang bayi,” kata Mahdan.

Dari situ, kata Mahdan, Projo Ganjar hadir dan mengungkapkan deklarasi dukungan bagi Ganjar sebagai Capres 2024.

“Kenapa ada deklarasi? Karena Projo menyimpang dari garis yang ditentukan dengan mendukung pihak lain. Bukan begitu Projo yang diinginkan. Projo dilahirkan karena PDIP,” katanya

Dia mengaku tidak terima apabila Projo Ganjar dituding pihak sesat dan tak mewakili organisasi.

“Kita dikatakan palsu. Ini pemikiran sesat. Pemikiran yang tidak berdasar. Oleh karena itu, kami deklarasi Projo yang mendukung Ganjar sebagai Projo Ganjar,” ujar Mahdan.

Deklarasi dilakukan dengan pengambilan sumpah, penyerahan pataka Projo Ganjar, serta penyerahan deklarasi dari pimpinan Projo Ganjar kepada Eko Sulistyo.

Haposan Situmorang Ketua Umum Projo Ganjar mengatakan pihaknya tak rela jika Jokowi dan keluarganya “diperdagangkan” demi elektabilitas pihak tertentu di Pilpres. Sebab Projo yang asli adalah orang-orang yang punya integritas.

“Mari Solid bergerak mencerdaskan rakyat dan memberikan pilihan rakyat kepada Ganjar Pranowo,” kata Haposan.

“Ingat, Pemilu bukan memilih yang terbaik. Tapi mencegah orang yang buruk untuk berkuasa. Itu kita lakukan sejak 2014. Kita tahu persis Pak Jokowi orang baik, sederhana dan mengabdi untuk rakyat. Itu yang mau kita lanjutkan. Yakni Bapak Ganjar Pranowo. Itu sebabnya kita disini. Kita tetap solid dan berjuang memenangkan Pak Ganjar Pranowo,” pungkas Haposan.(faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
29o
Kurs