Sabtu, 25 Mei 2024

Temui Petani Bawang di Brebes, Anies Janjikan Kupon Jaminan Pembelian Hasil Panen

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Anies Baswedan Calon presiden menemui para petani bawang di Larangan, Brebes, pada Sabtu (23/12/2023) malam. Foto: Timnas AMIN

Anies Baswedan calon presiden nomor urut 1 menemui para petani bawang di Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah pada, Sabtu (23/12/2023) malam.

Dalam kesempatan tersebut, Anies mendengarkan keluhan yang selama ini dialami para petani di lapangan. Salah satunya, harga yang tidak stabil dan pupuk yang susah didapat.

“Kami meminta agar harga bawang stabil, jangan naik turun terus,” ungkap Rosi selaku perwakilan UMKM Bakul Bawang Merah kepada Anies.

Selain bawang, para petani juga mengeluhkan soal harga pupuk dan ketersediannya. Sebagaimana yang disampaikan Windi Asturi perwakilan petani.

“Saya mewakili petani bawang di Larangan, Brebes, ingin meminta harga pupuk tidak terlalu mahal. Kartu Tani juga sebaiknya dicabut,” katanya.

Menanggapi keluhan tersebut, Anies menawarkan contract farming. Program yang juga disebut Jaminan Pembelian Panen itu diyakini bisa mengatasi permasalahan harga bawang yang tidak stabil.

“Konsep ini sudah kami kerjakan ketika bertugas di Jakarta, di mana badan usaha milik DKI membeli hasil-hasil pertanian selama lima tahun,” papar Anies.

Anies Baswedan Calon presiden menemui para petani bawang di Larangan, Brebes, pada Sabtu (23/12/2023) malam. Foto: Timnas AMIN

Soal pupuk, Gubernur Jakarta periode 2017-2022 itu akan menambah stoknya supaya selalu tersedia. Dia juga klaim akan menghapuskan sistem kuota supaya petani bisa membelinya kapan saja sesuai kebutuhan.

Sebagai informasi, KPU pada Senin 13 Desember 2023 menetapkan tiga pasang capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian nomor urut sehari berselang menetapkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.(mel/bil/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
33o
Kurs