Kamis, 22 Februari 2024

TKN Fanta Optimistis Prabowo-Gibran Bisa Wujudkan Harapan Kalangan Muda

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
TKN Fanta menggelar diskusi tentang generasi muda, Sabtu (9/12/2023), di Jakarta. Foto: istimewa

Tim Kampanye Nasional (TKN) Pemilih Muda (Fanta) menilai Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka adalah capres dan cawapres yang bisa mewujudkan harapan kalangan muda.

Pernyataan optimistis itu disampaikan sejumlah narasumber dalam diskusi bertajuk “Menjahit Harapan dan Pesan Gen Z untuk Pemimpin Bangsa ke Depan” yang digelar TKN Fanta, di Fanta Headquarters, Jakarta Pusat, Sabtu (9/12/2023).

M. Abid AI Akbar Ketua Dema UIN Jakarta periode 2022-2023 mengatakan, Indonesia bisa menjadi negara maju kalau pemimpinnya mau memperjuangkan sejumlah persoalan yang dihadapi kalangan muda.

Abid menyoroti masalah lapangan pekerjaan hingga krisis lingkungan berpotensi menjadi ancaman di masa yang akan datang. Dia menyebut, capres dan cawapres yang terpilih kelak harus bisa menjawab persoalan tersebut.

“Untuk mencapai Indonesia emas 2045, tahapan yang konkret adalah, pertama kita tidak punah terlebih dahulu. Gen Z ini jangan sampai punah. Krisis lingkungan, ketersediaan lapangan kerja, yang sudah dijamin katanya oleh masing masing capres, saya kira sudah harus bisa dilihat itu,” ujarnya.

Abid yakin cita-cita Indonesia Emas 2045 bisa terwujud kalau pemimpin yang terpilih kelak memperhatikan generasi muda. Apalagi, riwayat polarisasi yang terjadi pada pemilu-pemilu sebelumnya sudah tidak lagi menguat.

“Kalau Indonesia bisa keluar dari polarisasi seperti pada 2019, maka Indonesia akan menuju bangsa yang maju, 2024 sudah terbukti ada tiga poros capres. Saya kira polarisasi tidak terlalu keras,” imbuhnya.

Senada, Donan Abad Abdullah Komandan Tim Fanta First Voters menilai, generasi muda adalah sosok yang akan menentukan arah bangsa.

Apalagi, dalam Pemilu 2024 mendatang, suara pemilih muda mayoritas sebanyak 54 persen.

“Bangsa kita mau dibawa ke mana? Oleh siapa? Itu ada di tangan kami semua, ada di tangan Gen Z. Kurang lebih ada 54 persen dari 100 persen pemilih itu adalah pemilih muda, kemudian ada 40 persen dari pemilih muda itu adalah Gen Z,” ungkapnya.

Donan melanjutkan, sosok yang bisa menjawab segala kebutuhan anak muda adalah pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Sebab, capres dan cawapres nomor urut dua satu-satunya pasangan yang benar-benar diwakili kalangan muda.

“Kami harapkan Pak Prabowo dan Mas Gibran bisa merepresentasikan anak muda, terlebih cawapresnya adalah anak muda,” ucapnya.

Donan melanjutkan, pengalaman yang dimiliki Prabowo-Gibran juga sudah sangat tepat untuk menjawab tantangan ke depan. Apalagi, Prabowo memiliki histori selalu dikelilingi orang-orang yang peduli terhadap kemajuan bangsa.

“Pak Prabowo dari kecil dikelilingi orang yang peduli dan cinta dengan Bangsa Indonesia,” tukasnya.

Sementara itu, Sona Maesana Wakil Komandan TKN Fanta mengatakan, Gibran terbukti sebagai sosok pemimpin yang memiliki inovasi dan mengusung kemajuan.

Sona mengaku sudah merasakan langsung dipimpin Gibran. Dia menilai, Gibran adalah pemimpin yang memahami segala macam persoalan dan mampu mengatasinya dengan baik.

“Jadi, apa yang dilakukan Mas Gibran ini benar-benar fokus dan terjun langsung mengatasi berbagi macam isu, salah satunya pariwisata, Mas Gibran benar benar ingin menarik event-event nasional atauvpun internasional ke Kota Solo,” ungkapnya.

Sona menambahkan, sosok Gibran semakin lengkap berpasangan dengan Prabowo salah seorang tokoh negarawan yang berjiwa besar dan mau merangkul generasi muda.

“Kami lihat di sini, Bapak Prabowo memberikan kesempatan kepada anak muda. Buktinya apa? Orang-orang di sekelilingnya, di TKN Fanta itu jumlahnya tim anak mudanya paling banyak. Jadi, kami benar-benar diberi kesempatan untuk berkarya dan berkontribusi,” ucap Sona.

Di tempat yang sama, Ipang Wahid Praktisi Komunikasi Publik menyebut dukungan anak muda kepada pasangan Prabowo-Gibran adalah keputusan yang tepat dan rasional.

Karwna, Prabowo-Gibran menjadi satu-satunya pasangan yang telah terbukti merepresentasikan kalangan muda. Sehingga, sejumlah persoalan yang dihadapi anak muda akan lebih dipahami dan dimengerti oleh pasangan ini.

“Saya melihatnya, justru dukung Prabowo-Gibran itu karena idealis. Maksudnya, idealis itu berasal dari rasional yang kuat, kalau misalnya emosional itu kan pasti akan ngikutin yang lain. Ini udah paling jelas, coba dilihat dari enam orang capres dan cawapres yang merepresentasikan umur di bawah 40 siapa? Artinya itu sudah sebuah alasan yang kuat,” katanya.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Kamis, 22 Februari 2024
32o
Kurs