Minggu, 28 April 2024

Usulan Resolusi Gaza dari BKSAP DPR RI Mendapat Dukungan Parlemen Dunia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Fadli Zon Ketua BKSAP DPR RI menyampaikan draf Resolusi Gaza di Sidang IPU, Angola, Selasa (24/10/2023). Foto: istimewa

Fadli Zon Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI mengajukan resolusi untuk menghentikan serangan dan blokade Gaza, pada lanjutan Sidang Umum (Inter Parliamentary Union/IPU) ke-147, di Luanda, Angola, Selasa (24/10/2023).

Rancangan resolusi yang diusulkan berjudul Stopping the war and violations of human rights in Gaza. Sesudah proses voting, resolusi didukung 60,2 persen parlemen. Tapi, dukungan itu belum bisa menjadi keputusan resmi karena belum mencapai dua per tiga suara.

Sikap anggota Parlemen Dunia terbelah, antara yang mendukung Palestina dan mendukung Israel. Pada umumnya, negara-negara Asia, Afrika dan Timur Tengah mendukung Palestina. Sedangkan negara Barat dan sebagian Amerika Latin mendukung Israel.

Melalui resolusi yang juga disponsori Kuwait and Aljazair atas nama negara-negara yang tergabung dalam Grup Arab, Afrika Selatan mewakili negara-negara Grup Afrika serta Iran, Delegasi DPR RI menekankan empat poin yaitu mendesak berbagai pihak untuk menghentikan serangan Israel ke Gaza.

Yaitu, melalui genjatan senjata, membuka blokade Gaza untuk akses kemanusiaan, meminta komunitas internasional untuk lebih objektif dan fair, serta bersama-sama menemukan solusi jangka panjang bagi perdamaian di Palestina.

Ketua BKSAP DPR RI menyampaikan presentasi draf resolusi emergency item tersebut di hadapan Presiden IPU, Sekretaris Jenderal IPU, para Ketua Parlemen dan seluruh anggota delegasi Sidang Umum IPU dari sekitar 130 negara anggota IPU yang hadir di Luanda.

Dalam paparannya, Fadli menegaskan Israel sudah melakukan kejahatan perang di Gaza dengan berbagai cara yang tidak manusiawi. Akibat tindakan brutal tersebut, lebih dari 4.500 orang tewas termasuk bayi, anak-anak, perempuan dan penduduk usia lanjut.

Tidak berhenti di situ, lebih dari 10 ribu orang terluka, dan sekitar dua juta penduduk Gaza terisolir. Sehingga, mereka tidak memiliki akses pasokan makanan, listrik, obat-obatan dan peralatan medis.

“Israel secara membabi buta dan terang-terangan melakukan kejahatan perang, membunuh warga sipil termasuk bayi, anak-anak, dan wanita. Mereka juga menyerang jurnalis, pasien di rumah sakit, staf PBB, pekerja medis, dan bahkan konvoi pengungsi tanpa pandang bulu. Serangan tersebut telah menghancurkan rumah, rumah sakit, sekolah, masjid, dan infrastruktur publik lainnya,” ucap Fadli.

Anggota Komisi I DPR RI itu juga mengkritik ketidakmampuan PBB dan komunitas internasional untuk menghentikan penindasan dan okupansi warga Palestina di Gaza sejak beberapa dekade silam.

Badan PBB, khususnya Dewan Keamanan PBB, tidak bekerja secara efektif dalam menyelesaikan konflik tersebut.

“Situasi di Gaza saat ini merupakan akibat dari diamnya komunitas internasional, standar ganda negara-negara Barat dalam menilai konflik di Palestina, serta kegagalan organisasi internasional seperti PBB dalam penegakan hukum internasional untuk menegakkan keadilan global, melindungi kehidupan masyarakat, dan pemenuhan hak asasi manusia.” ungkapnya.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra tersebut menambahkan, serangan ke Gaza manambah catatan buruk aksi Israel bagi warga Palestina termasuk penodaan berulang-ulang terhadap Kompleks Al-Aqsa, aneksasi atas tanah warga Palestina, provokasi sentimen anti-Palestina, yahudisasi yang terus meluas, penyiksaan terhadap tawanan Palestina, dan blokade dan isolasi Jalur Gaza sejak tahun 2006.

Dengan usulan resolusi tersebut, DPR RI melalui BKSAP DPR RI telah berhasil menggalang solidaritas parlemen dunia untuk menjadikan isu Palestina sebagai topik penting yang selalu disinggung dalam berbagai sesi Sidang IPU.

Sidang Umum IPU ke-147 kali ini dilaksanakan di Parlemen Republik Angola pada 21-27 Oktober 2022.

Dalam rangkaian sidang tersebut, juga dibahas beberapa isu seperti orphanage trafficking pada Komisi Demokrasi dan HAM, isu penggunaan Artificial Intelligence di dunia militer pada Komisi Politik dan Keamanan Internasional, serta berbagai isu global lainnya.

Turut hadir mendampingi Fadli Zon dalam sesi voting tersebut Wakil Ketua BKSAP Sukamta (F-PKS) dan Putu Supadma Rudana (F-Demokrat) serta Ratih Megasari Singkarru, Anggota BKSAP DPR RI dari Fraksi Partai NasDem.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
26o
Kurs