Jumat, 3 Mei 2024

Yenny Wahid dan Barikade Gus Dur Arahkan Dukungan buat Ganjar-Mahfud

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Zanubba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau yang akrab disapa Yenny Wahid, Ketua Jaringan Kader Gus Dur untuk Jokowi-Maruf, saat di Hotel Shangri-La Surabaya, Minggu (7/4/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net

Yenny Wahid Putri Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Presiden ke-4 RI, menyatakan dukungan politik untuk pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD bakal calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres), di Pilpres 2024.

Pernyataan dukungan itu disampaikan Yenny, dalam pertemuan dengan sejumlah pengurus parpol pengusung, dan Pimpinan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, siang hari ini, Jumat (27/10/2023), di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Pemilik nama asli Zannuba Ariffah Chafsoh itu juga mengatasnamakan Barisan Kader (Barikade) Gus Dur dalam menyampaikan dukungannya kepada duet Ganjar-Mahfud.

Dalam keterangannya, Yenny bilang awalnya tidak mudah menentukan pilihan mendukung Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto.

Tapi, karena Ganjar mengajak Mahfud MD sebagai bakal cawapres pendampingnya, dia akhirnya memutuskan dukung Ganjar-Mahfud.

Menurutnya, kedekatan historis Mahfud dengan Gus Dur merupakan satu faktor penting di balik dukungan politik yang diberikan.

“Kami Barisan Kader Gus Dur mendukung pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Prof Mahfud MD adalah orang yang selama ini dekat dengan kami, dan juga kader Gus Dur. Kedekatan ini sudah berlangsung lama, kedekatan yang terjalin sejak Gus Dur masih ada,” ujar Yenny.

Merespons dukungan itu, Arsjad Rasjid Ketua TPN Ganjar-Mahfud bersama pimpinan parpol koalisi sepakat menempatkan Yenny sebagai Dewan Penasihat bersama Puan Maharani Ketua DPP PDI Perjuangan.

Sebelumnya, Rabu (6/9/2023), Yenny datang ke rumah Prabowo Subianto Ketua Umum Partai Gerindra, yang ada di Jalan Kartanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Usai melakukan pertemuan tertutup, Yenny mengatakan Prabowo merupakan figur yang layak jadi pemimpin Indonesia. Indikatornya antara lain mengerti dinamika geopolitik, dan memiliki pemikiran strategis.

Menjelang Pemilu 2024, Yenny merasa perlu berkomunikasi dengan Ganjar dan Prabowo, untuk mengetahui visi dan misi bakal calon presiden periode 2024-2029.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
25o
Kurs