Sabtu, 4 Mei 2024

Adu Program Mana Lebih Penting Soal Internet Gratis Ganjar dan Makan Gratis Prabowo

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Ganjar Pranowo calon presiden (capres) nomor urut 3 saat menjawab pertanyaan Pranowo Subianto capres nomor urut 2 dalam debat kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Minggu (4/2/2024). Foto: Tangkapan layar YouTube KPU RI.

Ganjar Pranowo calon presiden (capres) nomor urut 3 dan Prabowo Subianto capres nomor urut 2 saling beradu program masing-masing soal internet gratis dan makan siang gratis.

Mulanya Ganjar menyinggung pernyataan Prabowo waktu berkunjung ke Pontianak, Kalimantan Barat pada 20 Januari 2024 lalu. Saat itu capres nomor urut 2 menyebut orang yang menginginkan internet gratis otaknya lambat.

“Pak Prabowo, saya punya program internet gratis untuk sekolah dan UMKM. Di Pontianak, Bapak menyampaikan bahwa orang yang menginginkan internet gratis, maaf ini Pak, otaknya lambat,” kata Ganjar kepada Prabowo di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Minggu (4/2/2024).

Kemudian, Ganjar menyebut di sisi lain pendamping Prabowo yakni Gibran Rakabuming Raka cawapres nomor urut 2 banyak menyinggung soal teknologi informasi dan hilirisasi digital.

Ganjar lalu menjelaskan, bahwa dengan adanya internet gratis dan coverage yang bagus bisa mengatasi kesenjangan data pendidikan, kesehatan, hingga kemiskinan.

“Dari BPS juga menyampaikan bahwa kondisi ketimpangan digital di tempat kita tinggi, pertanyaan saya setuju tidak untuk memperbaiki ketimpangan digital ini dan bagaimana caranya,” tutur Ganjar.

Kemudian Prabowo menyebut bila ucapan yang ia sampaikan soal internet gratis kurang lengkap dilihat oleh Ganjar.

Prabowo menekankan, yang dia maksu dalam ucapannya di Pontianak itu, mana yang lebih penting antara internet gratis daripada makan gratis untuk masyarakat kalangan bawah

“Kalau internet gratis saya setuju. Jangan internet gratis lebih dipentingkan daripada makan gratis. Makan gratis ini mutlak untuk rakyat kita. Mereka harus makan anak-anak harus makan, orang miskin harus makan, ini maksud saya,” tegas Prabowo.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Selain itu, KPU melaksanakan lima debat peserta Pilpres 2024 yang dilangsungkan di Jakarta secara berurutan pada tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024. Hari ini, merupakan debat edisi terakhir.

Tema debat Pilpres untuk capres kali ini adalah kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Debat Pilpres ketiga ini dipandu oleh dua moderator, yakni Andromeda Mercury dan Dwi Anggia. Keduanya merupakan presenter TVOne. Selain itu ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para capres.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024. (wld/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
28o
Kurs