Sabtu, 27 April 2024

Anies Sebut Perlunya Keterlibatan Aktivis untuk Hadapi Kasus Pekerja Migran

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Anies Baswedan calon presiden (capres) nomor urut 1 dalam debat kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Minggu (4/2/2024). Foto: Tangkapan layar YouTube KPU RI.

Anies Baswedan calon presiden (capres) nomor urut 1 menekankan terkait pentingnya pemerintah menggandeng aktivis untuk kasus pekerja migran.

Berbicara tentang pekerja migran, Anies bercerita pengalamannya bertemu dengan pekerja migran Indonesia (PMI) di Malaysia.

“Apa yang saya temukan, memiliki kewenangan di pemerintah tidak berarti mengetahui. Justru (yang paham) adalah para aktivis-aktivis pekerja migran. Jadi kami lihat harus dilibatkan para aktivis pekerja migran. Mereka yang banyak tahu masalahnya,” kata Anies dalam debat kelima pemilihan umum (Pemilu) JCC Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024).

Mantan gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, menggandeng aktivitis pekerja migran merupakan bentuk kolaborasi antara pemerintah dengan pihak di luar pemerintah.

Sebab pemerintah memang melindungi dari sejak keberangkatan hingga PMI sampai di negara tujuan. Tapi di tengah itu banyak masalah yang tidak diketahui.

Anies menambahkan, para aktivis lah yang memahami hal tersebut. “Libatkan mereka, lalu negara kolaborasi,” katanya.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Selain itu, KPU melaksanakan lima debat peserta Pilpres 2024 yang dilangsungkan di Jakarta secara berurutan pada tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024. Hari ini, merupakan debat edisi terakhir.

Tema debat Pilpres untuk capres kali ini adalah kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Debat Pilpres ketiga ini dipandu oleh dua moderator, yakni Andromeda Mercury dan Dwi Anggia. Keduanya merupakan presenter TVOne. Selain itu ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para capres.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024. (saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs