Sabtu, 27 April 2024

Antisipasi Kecurangan, PDIP Siapkan 1,6 Juta Saksi Jelang Pencoblosan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Hasto Kristiyanto Sekretaris TPN saat konferensi pers, Selasa (30/1/2024) menjelaskan soal 1,6 juta saksi saat pencoblosan Pemilu. Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Hasto Kristiyanto Sekretaris Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang juga Sekretaris Jenderal PDIP memaparkan beberapa hal yang saat ini menjadi fokus menjelang pencoblosan Pemilu 14 Februari mendatang.

“Terkait dengan saksi, kami sudah membangun sistem dalam Badan Saksi Pemilu Nasional. Saat ini sudah ada 1,6 juta saksi yang khusus dipersiapkan oleh PDIP, by name by address, dan dilengkapi sistem untuk mencegah berbagai bentuk kecurangan kecurangan pemilu,” kata Hasto di Media Center Cemara, Selasa (30/1/2024).

Hasto mengatakan pihaknya banyak mendapatkan informasi dari kelompok-kelompok pro demokrasi terhadap potensi potensi kecurangan yang terjadi.

“Misalnya di Jatim kepala daerah-kepala daerah kami ada yang ditelepon oleh oknum aparat yang kemudian meminta suara setiap TPS setiap desa dapat dikumpulkan 100 suara untuk partai yang dekat dengan kekuasaan,” ucap Hasto.

Saat ini, tim hukum TPN Ganjar-Mahfud terus bergerak menyikapi terhadap berbagai bentuk intimidasi yang terjadi.

“Dengan demikian saksi pemilu nanti punya tugas untuk mengawasi setiap suara rakyat. Dan gerakan gerakan dari civil society kami sangat bersyukur karena akan membangun kekuatan jejaring kawal pemilu sampai tingkat TPS. Sehingga berbagai upaya membangun pemilu jurdil melalui pengawasan secara langsung oleh rakyat, oleh kelompok pro demokrasi dan juga oleh parpol akan dilakukan dengan sebaik-baiknya,” ucap Hasto.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs