Selasa, 21 Mei 2024

Bayu Airlangga Berpeluang Didukung PSI untuk Berkontes di Pilwali Surabaya

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Bayu Airlangga Ketua Projo Jatim. Foto: Istimewa.

Bayu Airlangga Ketua Pro Jokowi (Projo) Jawa Timur (Jatim) berpeluang mendapat dukungan dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jatim untuk berkontes di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Surabaya 2024.

Pasalnya, PSI tengah membuka peluang akan berkoalisi dengan parpol yang ada di Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk Pilwali Surabaya 2024.

Teguh Cahyadin atau Gus Din Ketua Dewan Pembina PSI Jatim menyatakan, pihaknya mulai membuka berbagai opsi di Pilwali Surabaya mendatang.

Gus Din menyebut, PSI siap bekerjasama dengan partai di KIM untuk mengusung calon baru di Pilwali Surabaya 2024.

“Kami melihat situasinya masih dinamis, target PSI adalah ada kader kami minimal di posisi cawawali Surabaya 2024,” kata Gus Din dikonfirmasi, Jumat (10/5/2024).

Menurutnya, ada potensi peluang untuk membuat poros baru di Pilwali Surabaya bersama partai-partai KIM.

Kata Gus Din, potensi poros baru ini merujuk perkembangan dinamika politik mengenai kabar Eri Cahyadi dan Armuji yang merupakan petahan kembali bersatu di Pilwali Surabaya 2024.

“Kita lihat kan Eri Cahyadi saat ini ramai ya gandeng lagi dengan Armuji, berarti merah-merah. Kita lihat konfigurasi di pusat juga, jika memang partai-partai di KIM semacam Golkar atau Gerindra membuat poros baru di Surabaya tentu kita buka peluang di poros baru itu,” jelasnya.

Dia melanjutkan. “Kami harap PSI yang punya 5 kursi DPRD Kota Surabaya bisa mencalonkan kader sendiri minimal sebagai wakil,” tambahnya.

Gus Din mengaku dirinya membuka peluang mengusung Bayu Airlangga untuk Pilwali Surabaya 2024 bersama dengan Golkar dan Gerindra yang notabene parpol di KIM.

Ditambah lagi mengenai kabar yang beredar bahwa Golkar sudah memberi sinyal mendukung Airlangga.

“Kebetulan Bayu juga Golkar dan Ketua Projo Jatim, tentu kami buka opsi-opsi itu. Apalagi akan sangat kuat jika parpol KIM bersama. Apalagi Golkar sudah memberi sinyal mendorong Bayu Airlangga maju di Pilwali Surabaya,” jelasnya.

Gus Din menilai, sosok Bayu merupakan figur yang merakyat dan mau turun ke bawah. Gaya Bayu disebutnya mirip dengan Soekarwo atau Pakde Karwo Mantan Gubernur Jatim yang merupakan mertua Bayu.

“Bayu merakyat, karena Surabaya butuh sosok merakyat, egaliter. Yang pasti, PSI akan mendukung calon yang mau melanjutkan pembangunan,” tuturnya.(wld/man/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
28o
Kurs