Sabtu, 27 April 2024

Bupati Sumenep hingga Ketua Projo Jatim Masuk Bursa Cawagub Saingi Emil Dardak

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Baihaki Direktur ARCI waktu memaparkan bursa Cawagub Jatim di Surabaya, Jumat (29/3/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Lembaga survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) menyebut nama Ahmad Fauzi Bupati Sumenep hingga Bayu Airlangga Ketua DPD Pro Jokowi (Projo) Jawa Timur masuk bursa calon Wakil Gubernur Jatim menempel ketat Emil Elestianto Dardak di urutan pertama.

Baihaki Sirajt Direktur ARCI menyatakan dalam simulasi tujuh nama tertutup Emil Dardak masih menempati urutan pertama dengan elektabilitas sebesar 35,4 persen sebagai Cawagub Jatim.

“Emil tertinggi di antara nama-nama lain yang masuk bursa Cawagub Jatim 2024,” ujar Baihaki di Surabaya, Jumat (29/3/2024).

Kemudian, di urutan kedua bertengger nama Ahmad Fauzi dengan elektabilitas 19,2 persen, disusul Anna Muawana mantan Bupati Bojonegoro periode 2018-2023 13,7 persen.

Kemudian, ada nama Azwar Anas Menpan RB 12,3 persen, Heru Tjahjono Mantan Sekdaprov Jatim 7,4 persen, Sri Rahayu Anggota DPR RI PDIP 5,7 persen, dan Bayu Airlangga 4,2 persen.

Baihaki menyebut, cawagub paling ideal untuk Khofifah di Pilgub Jatim 2024 ialah Emil Dardak. Tapi, jika Emil menjadi menteri maka ada sejumlah nama yang berpotensi sebagai wakil Khofifah mulai Fauzi hingga Bayu Airlangga.

“Achmad Fauzi berhasil memimpin Sumenep dan bisa mengentaskan kemiskinan di wilayah tersebut,” tambahnya.

Kemudian, lanjut Baihaki, jika Khofifah membutuhkan sosok muda dan energik bisa memilih Bayu Airlangga sebagai Cawagub Jatim.

“Apalagi, di belakang Bayu ada sosok Pakde Karwo (Mantan Gubernur Jatim). Saya kira Bayu bisa jadi alternatif yang bisa diterima semua partai pengusung Khofifah. Namun, kita semua harus menunggu dulu ke mana Emil akan berlabuh untuk karir politiknya ke depan,” tandas Baihaki.

Survei ARCI dilakukan pada 15-23 Maret 2024 dengan jumlah 1.200 responden. Survei ARCI menggunakan metode stratified multistage random sampling.

Survei ARCI memiliki margin of error di angka 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 perse. Sebanyak 25 persen kuisioner dilakukan quality control.(wld/man)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs